Gunungkidul

Wabup Gunungkidul Dorong Pelaku Wisata Gunakan Bahasa Inggris pada Wisatawan Asing

Masyarakat Kabupaten Gunungkidul yang berkecimpung di dunia pariwisata masih kesulitan mengajak ngobrol wisatawan asing.

Wabup Gunungkidul Dorong Pelaku Wisata Gunakan Bahasa Inggris pada Wisatawan Asing
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Masyarakat Kabupaten Gunungkidul yang berkecimpung di dunia pariwisata masih kesulitan mengajak ngobrol wisatawan asing karena masih minimnya warga yang mengusai Bahasa Inggris.

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengatakan bahwa pihaknya sudah sering ditawari bekerja sama dengan perguruan tinggi di Yogyakarta untuk memberikan pelatihan bahasa Inggris bagi para pegiat pariwisata.

"Komunikasi antara warga dengan wisatawan asing masih sangat minim, seharusnya warga berani untuk menggunakan bahasa Inggris masalah grammar benar atau salah jangan dipikirkan," katanya pada Tribunjogja.com, Selasa (2/9/2019).

Palette X Wardah: Tutorial Make Up ke Kondangan yang Antiribet

Immawan mengatakan, pihaknya telah ditawari oleh beberapa perguruan tinggi untuk memberikan pelatihan bahasa asing terutama bahasa Inggris.

"Ada beberapa seperti UAD, Sanata Dharma, UGM, Akademi Pariwisata," imbuhnya.

Menurutnya komunikasi sangatlah penting karena dengan adanya komunikasi maka warga dapat menginformasikan potensi-potensi wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Gunungkidul.

"Dengan adanya komunikasi dengan adanya komunikasi kita bisa menawarkan destinasi lain, kita bisa mengenalkan kuliner-kuliner khas Gunungkidul," katanya.

Ia mencontohkan saat ada event di Pantai Baron ada beberapa wisata asing tetapi warga tidak berani untuk berkomunikasi dengan mereka.

Terdampak Kekeringan di Gunungkidul, Warga Gedangsari Ambil Air di Sumur Bor Gunakan Toples

"Ketika warga tidak bisa bahasa Inggris dengan baik lebih baik memakai bahasa Inggris semampunya saja. Tinggalkan tata bahasa kalau kesulitan. Bahasa Inggris tarzan lebih baik daripada kita tidak komunikasi," katanya mengibaratkan supaya berbahasa Inggris sesuai kemampuan.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Hary Sukmono menjelaskan, sejumlah 21 ribu wisatawan asing berkunjung ke Kabupaten Gunungkidul pada tahun 2017.

"Tahun lalu meningkat di angka 23 ribu. untuk tahun ini kami berharap bisa mendatangkan wisatawan asing sebantak 25 ribu," katanya.

Upaya untuk menarik minat kunjungan wisman ini dengan berbagai cara.

Satu diantaranya adalah bekerja sama dengan Dinas Pariwisata DIY dan Kementerian Pariwisata untuk dipromosikan ke luar negeri.

"Saat ini paling banyak wisatawan dari Asia Tenggara yang biasa datang," pungkasnya.(*)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved