Universitas Janabadra Yogyakarta Gelar Workshop Pengelolaan Keuangan BUMDes dan Bank Sampah

Kegiatan yang berlangsung di Kampoeng Mataraman ini guna memberikan pemahaman kepada pengelola BUMDes dan bank sampah

Universitas Janabadra Yogyakarta Gelar Workshop Pengelolaan Keuangan BUMDes dan Bank Sampah
dok.ist
Universitas Janabadra (UJB) bekerjasama dengan BUMDes Panggung Lestari Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul mengadakan workshop pengelolaan keuangan BUMDes dan bank sampah, Sabtu (7/9/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Universitas Janabadra (UJB) bekerjasama dengan BUMDes Panggung Lestari Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul mengadakan workshop pengelolaan keuangan BUMDes dan bank sampah.

Kegiatan yang berlangsung di Kampoeng Mataraman ini guna memberikan pemahaman kepada pengelola BUMDes dan bank sampah, tentang cara pengelolaan keuangan yang baik sesuai dengan teori akuntansi yang ada.

Workshop kali ini diikuti oleh para pengelola BUMDes dan bank sampah di wilayah Desa Panggungharjo ini diisi oleh Dosen di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi UJB Siti Rochmah Ika.

Siti Rochmah Ika menyampaikan BUMDes mempunyai kewajiban membuat laporan keuangan seluruh unit-unit usahanya setiap bulan secara jujur dan transparan.

"BUMDes juga punya kewajiban melaporkan perkembangan usahanya kepada masyarakat desa melalui musyawarah desa," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com, Sabtu (7/9/2019).

Lanjutnya, prinsip pembukuan keuangan BUMDes dan bank sampah tidak berbeda jauh dengan pembukuan keuangan lembaga lainnya dengan menggunakan prinsip akuntansi.

"Fungsi akuntansi ini untuk menyajikan informasi keuangan kepada pihak internal dan eksternal sebagai dasar dalam pembuatan keputusan," ujarnya

Agenda workshop ini merupakan rangkaian kegiatan dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UJB Tahun 2019 yang didukung oleh Kementerian Ristekdikti melalui skema pengabdian masyarakat dengan tema Penerapan Teknologi Pirolisis untuk Mengolah Sampah Plastik dan Minyak Jelantah menjadi Bahan Bakar Minyak.

Program ini diketuai oleh Dr Eng Mochamad Syamsiro yang juga Dosen di Jurusan Teknik Mesin UJB.

Dalam program ini akan dirancang dan difabrikasi mesin pirolisis skala kecil untuk diterapkan di BUMDes Panggung Lestari dan diharapkan menjadi salah satu solusi penerapan teknologi dalam pengolahan sampah. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved