BREAKING NEWS : PSIM Yogyakarta Dikenai Sanksi PSSI, Berlaga Tanpa Suporter pada Tiga Laga ke Depan

Laskar Mataram dikenai sanksi berlaga tanpa penonton oleh Komisi Disiplin (Komdis) PSSI.

Tribunjogja.com | Suluh Pamungkas
PSIM JOGJA 

TRIBUNJOGJA.COM - PSIM Yogyakarta terkena imbas dari kerusuhan suporter dalam laga versus Persik Kediri, di Stadion Brawijaya, Kediri, pada Senin (2/9/2019) silam.

Laskar Mataram dikenai sanksi berlaga tanpa penonton oleh Komisi Disiplin (Komdis) PSSI.

Melalui surat bernomor 063/L2/SK/KD-PSSI/IX/2019, tertanggal 5 September 2019, telah dinyatakan bahwa suporter PSIM terbukti melakukan tindak provokasi dan pelemparan botol ke arah official, sekaligus pendukung Persik, serta rangkaian keributan di luar stadion.

Atas fakta dan pertimbangan hukum tersebut, Komdis PSSI lantas mengeluarkan keputusan merujuk Pasal 70 Jo. Pasal 20 Kode Disiplin PSSI, yakni penonton, atau suporter PSIM dilarang memasuki stadion selama satu bulan, dihitung sejak dimulainya putaran ke dua.

"Apabila menjalani laga kandang, maka penutupan seluruh stadion bagi suporter/penonton dan apabila menjalani laga tandang, suporter/penonton PSIM dilarang memberikan dukungan di stadion tempat PSIM menjadi tim tamu," tulis surat tersebut.

"Pelaksanaan putusan ini, dimulai dari pertandingan putaran ke dua, karena terjadi pelanggaran terhadap Pasal 70 Kode Disiplin PSSI. Pengulangan terhadap pelanggaran terkait, akan berakibat terhadap hukuman yang lebih berat," lanjutnya.

Merujuk pada surat dari Komdis PSSI itu, hukuman satu bulan dihitung dari pertandingan putaran ke dua, yakni saat PSIM menjamu Persiba Balikpapan pada 23 Agustus lalu.

Sehingga, dalam tiga partai ke depan, tim Naga Jawa bakal berlaga tanpa penonton.

Dengan begitu, suporter pun dipastikan tidak bisa memberikan dukungan untuk klub kebanggaannya kala away ke markas PSBS Biak (13 September), serta dua pertandingan kandang menjamu Persatu Tuban (18 September) dan Madura FC (22 September). (*)

Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved