Akhir Pekan Ini, Pemkot Yogyakarta Gelar Festival Kampung Wisata 2019 di XT Square

Sampai saat ini, lanjutnya, terdapat 17 kampung wisata dengan berbagai daya tarik yang dimiliki kota Yogyakarta

Akhir Pekan Ini, Pemkot Yogyakarta Gelar Festival Kampung Wisata 2019 di XT Square
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menggelar Festival Kampung Wisata 2019 yang diselenggarakan pada Sabtu (7/9/2019) dan Minggu (8/9/2019) di XT Square.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Maryustion Tonang, mengatakan bahwa tujuan digelarnya kegiatan tersebut untuk semakin memperkenalkan potensi dari masing-masing Kampung Wisata yang ada di Kota Yogyakarta.

Tion, sapaan akrabnya mengatakan kampung wisata menjadi salah satu upaya untuk memberikan alternatif destinasi lain di Kota Yogyakarta.

"Beberapa kampung di Kota Yogyakarta memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri sehingga mampu dikembangkan sebagai sebuah kampung wisata dengan dukungan dan peran serta masyarakat, pengelola dan unsur pemerintah," ucapnya, Jumat (6/9/2019).

Sampai saat ini, lanjutnya, terdapat 17 kampung wisata dengan berbagai daya tarik yang dimiliki.

Adapun kampung wisata tersebut meliputi Tamansari, Sosromenduran, Sekarniti Gedong Kiwo, Dipowinatan, Rejowinangun, Warungboto, Kadipaten, Cokrodiningratan, Pandeyan, Pakualaman, Tahunan, Kauman, Prenggan, Dewobronto, Becak Maju, Kamwis Sayidan dan Purbayan.

"Daya tarik masing-masing kampung wisata perlu diperkenalkan secara luas kepada berbagai kalangan dengan menggunakan berbagai media dan sarana. Salah satu bentuk nyata adalah dengan menggelar sebuah Festival yang menampilkan daya tarik masing-masing kampung wisata dalam satu waktu dan lokasi," urainya.

Hal ini, lanjutnya, dapat dijadikan etalase bagi setiap kampung wisata untuk menunjukkan eksistensi mereka kepada stakeholder dan masyarakat luas serta wisatawan.

"Festival Kampung Wisata 2019 kali ini akan menampilkan produk Kampung Wisata, Atraksi Kesenian dan Atraksi Bregodo dari setiap kampung wisata yang dikemas secara khusus untuk menarik masyarakat," bebernya.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Yeti Martanti menjelaskan bahwa dalam acara tersebut, masing-masing kampung wisata akan membagikan voucher kepada pengunjung yang beruntung.

"Ini sudah kali ketiga pelaksanaan Festival Kampung Wisata. Perbedaannya tahun ini masing-masing kampung wisata akan memberikan voucher paket wisata gratis dengan jumlah terbatas. Nantinya masyarakat akan tahu seperti apa keunikan kampung wisata yang dapat dinikmati okeh wisatawan," bebernya.

Yeti menambahkan, semua tampilan kampung wisata baik dari pameran produk, atraksi kesenian dan juga parade Bregodo akan dinilai oleh Tim Juri yang terdiri dari pelaku pariwisata, seniman dan juga Media di Yogyakarta.

Selain daya tarik dari Kampung Wisata, acara Festival Kampung Wisata 2019 ini juga akan dimeriahkan oleh bintang tamu meliputi NdarBoy Genk, VOC (Voice Of Citizen), Scenario Band, CallKula Band, Keroncong Teras & Yodya Manggala. (*)

Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved