Kota Yogya

Disperindag Kota Yogya Akan Perbarui 24 CCTV di Pasar Beringharjo

Disperindag menganggarkan Rp 60 juta untuk pemasangan 24 CCTV di berbagai titik yang tersebar di sisi barat lantai 1 Pasar Beringharjo.

Disperindag Kota Yogya Akan Perbarui 24 CCTV di Pasar Beringharjo
TRIBUNJOGJA.COM / Bramasto Adhy
Pasar Beringharjo, Yogyakarta 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kabid Penataan Peningkatan Pendapatan Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta, Gunawan Nugroho Hutomo menjelaskan bahwa pihaknya menganggarkan Rp 60 juta untuk pemasangan 24 CCTV di berbagai titik yang tersebar di sisi barat lantai 1 Pasar Beringharjo.

Pemasangan CCTV tersebut dinilai pihaknya sebagai langkah yang penting.

Pasalnya Pasar Beringharjo menjadi pasar tradisional terbesar yang dimiliki Kota Yogyakarta dan menjadi jujugan berbagai wisatawan untuk berbelanja oleh-oleh khas Kota Yogyakarta.

Palette X Wardah: Tutorial Make Up ke Kondangan yang Antiribet

"Dulu sudah ada CCTV, tapi belum detil dan banyak yang rusak sehingga kita lakukan pengadaan lagi. CCTV yang baru ini lebih fokus pada area fashion di dalam. Kalau yang diluar dekat jembatan ada CCTV dari UPT Bisnis," jelasnya pada Tribunjogja.com, Selasa (5/9/2019).

Gunawan menambahkan, Pasar Beringharjo tidak pernah sepi.

Terlebih kini sudah beroperasi hingga malam hari.

CCTV diniliai sangat menunjang aspek kemanan di Pasar Beringharjo mengingat lalu lalang manusia yang melakukan transksi maupun sekedar berjalan-jalan di dalamnya sudah sangat padat.

Kisah Haru Tukang Becak di Beringharjo, Wawan Mengayuh Becak dengan Satu Kaki Demi Keluarga

"Kejadian (kecopetan) cukup banyak. Kalau kita pantau ketika kejadian, tas keadaannya sudah terbuka. Kemungkinan kecopetannya di luar pasar, tapi kan baru sadarnya saat mau membayar lalu dompetnya nggak ada," ujarnya.

Pihaknya juga sering menemukan dompet yabg terbuang namun sudah dalam keadaan kosong, sehingga kuat dugaan bahwa copet yang masuk ke Pasar Beringharjo hanya untuk membuang dompet yang sudah dikuras bersih isinya.

Meski demikian, Gunawan mengaku tetap memperketat keamanan Pasar Beringharjo demi kenyamanaan pengunjung melalui CCTV baru tersebut.

"Letak CCTV yang baru tidak akan sama dengan yang kemarin. Tapi yang jelas pasti akan dipasang di lokasi yang ramai. Apalagi sekarang sampai malam. Kita pakai kamera yang support untuk kondisi malam hari," bebernya.(*)

Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved