Kota Yogyakarta

Hingga Akhir 2019, BPBD Kota Yogya Targetkan Bisa Kukuhkan 115 KTB

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta targetkan 115 Kampung Tangguh Bencana (KTB) pada tahun 2019.

Hingga Akhir 2019, BPBD Kota Yogya Targetkan Bisa Kukuhkan 115 KTB
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Kantor BPBD Kota Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta targetkan 115 Kampung Tangguh Bencana (KTB) pada tahun 2019.

Kepala BPBD Kota Yogyakarta, Hari Wahyudi mengatakan bahwa saat ini sudah ada 109 KTB di Kota Yogyakarta. Dengan demikian masih ada 6 sasaran kampung untuk jadi KTB.

"Kemarin Minggu kami sudah bentuk KTB di Muja-Muju, itu yang ke 109. Minggu depan kami akan bentuk lagi, jadi sudah 110. Kami target sampai akhir 2019 ada 115 KTB,"katanya, Rabu (4/9/2019).

Waktu yang diperlukan untuk membentuk hingga mengukuhkan menjadi KTB berbeda-beda. Hal itu dipengaruhi oleh komitmen warga kampung tersebut.

Kampung yang hendak menjadi KTB harus mengikuti 12 kali pelatihan. Pelatihan tersebut disesuaikan dengan kesepakatan warga kampung tersebut.

Lupis Mbah Satinem, Kuliner Legendaris Jogja, Disukai Presiden Soeharto hingga Artis Korea Selatan

Jika sudah 12 kali mengikuti pelatihan, yang terakhir adalah simulasi bencana, sesuai yang dilatihkan selama masa pelatihan.

Simulasi tersebut berguna untuk menempatkan warga pada bencana yang sesungguhnya, sehingga pelatihan bisa dipraktikkan secara langsung.

"Kampung satu dengan yang lain beda-beda. Ada yang cepat ada yang lama. Kami hanya memfasilitasi 12 kali pertemuan. Untuk menentukan kapan, ya kami harus koordinasi. Kami juga perlu sesuaikan dengan kondisi kami, mengingat jumlah personil juga terbatas,"bebernya.

"Kalau warga pengen 4 kali dalam seminggu berarti kan cepat. Tetapi kebanyakan 2 kali dalam seminggu,"sambungnya.(Tribunjogja I Christi Mahatma Wardhani)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved