Kota Yogya

Kampung Koperasi Tahun Ini Menyasar Prenggan dan Bener

Diskopnakertrans Kota Yogyakarta menyelenggarakan program yang diberi nama Kampung Koperasi.

Kampung Koperasi Tahun Ini Menyasar Prenggan dan Bener
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskopnakertrans) Kota Yogyakarta menyelenggarakan program yang diberi nama Kampung Koperasi.

Kepala Diskopnakertrans Kota Yogyakarta, Lucy Irawati menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sudah berlangsung dua tahun.

"Tahun ini ada di dua wilayah yakni Prenggan dan Bener. Mereka selama ini sudah menjalankan simpan pinjam di RW. Kami akan bina mereka dan ketika sudah mendekati untuk bisa jadi koperasi maka akan kami dukung," jelasnya, Selasa (3/9/2019).

Palette X Wardah: Tutorial Make Up ke Kondangan yang Antiribet

Kabid Koperasi Diskopnakertrans Kota Yogyakarta Prabaningtyas mengatakan bahwa latar belakang program Kampung Koperasi adalah karena di wilayah banyak kegiatan simpan pinjam pra koperasi.

"Kita upayakan agar kegiatan di wilayah dijalankan sesuai nilai dan prinsip koperasi misal simpanan pokok, wajib ada laporan setiap tahun, ada pengurus, dan ada SHU. Biar melaksanakan kegiatan sesuai dengan koperasi," bebernya.

Alasan Prenggan dan Bener dipilih, dijelaskan Praba karena Prenggan dan Bener memiliki kegiatan simpan pinjam yang banyak.

Di Prenggan, kegiatan simpan pinjam dimulai dengan modal mandiri sementara di Bener ada modal yang juga berasal dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

Koperasi Kopma UGM Gelar Cooperative Workshop 2019

"Kita lihat hasil Musrenbang untuk dapat dilakukan pembinaan peningkatan pendapatan keluarga dari simpan pinjam. Perputaran uangnya baru sampai puluhan juta," sebut Praba.

Pelaksanaan di Prenggan sedang berlangsung.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved