Yogyakarta

Advokat IKADIN di DIY Dituntut Patuhi Kode Etik

Selain itu juga dapat membentuk karakter peserta yang merupakan keluarga baru IKADIN agar tumbuh jiwa-jiwa ke-IKADINan sejak dini.

Advokat IKADIN di DIY Dituntut Patuhi Kode Etik
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Ketua DPD IKADIN DIY, Moelyadi, SH MH CLA didampingi Ketua Panitia Pengangkatan Advokat Tri Saputra Manalu SH saat ditemui media di sela acara, Selasa (3/9/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Adanya beberapa kasus OTT KPK yang menyeret sejumlah advokat menuntut profesi ini terus berbenah dan memperbaiki diri.

Salah satunya dilakukan oleh DPD IKADIN DIY.

Ketua DPD IKADIN DIY Moelyadi, SH. MH. CLA menekankan untuk menghindari hal tersebut para advokat perlu kembali menilik pada kode etik profesi.

Dalam kode etik jelas diterangkan bahwa profesi advokat merupakan profesi yang mulia.

"Memang advokat ini profesi yang rentan terhadap hukum. Perlu kita tekankan terus kode etik dalam menjalankan tugasnya. Karena advokat saat melanggar hukum sudah dipastikan melanggar kode etik," katanya saat ditemui media, Selasa (3/9/2019).

DPD IKADIN DIY Angkat 19 Advokat, Dibekali Kode Etik Profesi

Moelyadi menyebut untuk terus mengingatkan kode etik ini pihaknya juga melakukan pembekalan kepada para advokat yang diangkat dalam pengangkatan advokat.

Tujuannya untuk memberikan pemahaman terkait dunia ke-advokatan.

Selain itu juga dapat membentuk karakter peserta yang merupakan keluarga baru IKADIN agar tumbuh jiwa-jiwa ke-IKADINan sejak dini.

Tak hanya itu, menurut Moelyadi, adanya materi tentang kode etik serta pemahaman profesi advokat menambah bobot advokat itu sendiri.

Ikadin se-DIY Bakal Gelar Muscab II Bahas Tantangan Profesi Advokat di Era Digital

Saat ini, sedikitnya ada 104 advokat di DIY yang telah terdaftar dalam sistem anggota advokat yang berada di naungan IKADIN.

"Sehingga advokat IKADIN memiliki nilai tambah yakni tidak hanya dikenal mempunyai intektualitas namun juga memiliki adab dan tanggungjawab moril serta mentaati kode etik," tandasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved