Gunungkidul

DPP Gunungkidul Pastikan Sapi yang Mati Beberapa Hari Lalu Bukan Karena Antraks

DPP Gunungkidul mendapat informasi bahwa penyebab kematian ternak sapi di wilayah Bejiharjopada Selasa (27/08/2019) bukan karena oleh antraks.

DPP Gunungkidul Pastikan Sapi yang Mati Beberapa Hari Lalu Bukan Karena Antraks
IST/Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul
Petugas saat melakukan pengecekan terhadap hewan ternak mati mendadak di Karangmojo, Selasa (27/8/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul memastikan hewan ternak yang mati beberapa waktu lalu di kawasan terpapar bakteri antraks yaitu di Bejiharjo, KEcamtan Karangmojo bukan karena antraks.

Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Dinas DPP Bambang Wisnu Broto, Jumat (30/8/2019).

"Kami sudah mendapatkan informasi dari Balai Besar Veteriner Wates yang menyatakan negatif antraks. Sapi yang mati beberapa waktu lalu kemungkinan ada riwayat penyakit," katanya pada Tribunjogja.com.

Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul mendapat informasi bahwa penyebab kematian ternak sapi di wilayah Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo pada Selasa (27/08/2019) kemarin bukan disebabkan oleh antraks.

Kendati demikian, hingga kini penyebab kematian ternak tersebut belum dapat diketahui secara pasti.

Kepala DPP, Bambang Wisnu Broto mengatakan, pihaknya mendapat informasi bahwa hasil uji laboratorium di Balai Besar Veteriner (BBVET) Wates menyatakan negatif antraks.

Kendati demikian informasi tersebut belum disampaikan secara resmi.

"Alhamdulillah, negatif antraks. Kemungkinan ada riwayat penyakit dalam pada sapi tersebut," ujar Bambang, Jumat (30/08/2019).

Terpisah, Kepala Seksi Kesehatan Veteriner, Dinas Pertanian dan Pangan Kbaupaten Gunungkidul, Retno Widiastuti menyampaikan informasi yang diterima dari BBVet masih belum resmi, ia menerima informasi tersebut dari pesan singkat.

Halaman
12
Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved