Lifestyle

Benarkah Suasana Hati Dipengaruhi oleh Makanan?

Studi yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition dan Psychosomatic Medicine Journal mempresentasikan kesimpulan yang sama.

Benarkah Suasana Hati Dipengaruhi oleh Makanan?
liveinthenow.com
ilustrasi kebiasaan makan 

TRIBUNJOGJA.COM - Studi terbaru mengungkapkan, bahwa apa yang kita makan tidak hanya memengaruhi kesehatan fisik kita, tapi juga memengaruhi kondisi emosi kita.

Beberapa penelitian juga menunjukkan, jenis makanan yang kita konsumsi dapat menentukan seberapa besar kemungkinan kita untuk mengalami atau tidak mengalami depresi.

“Penelitian menunjukkan, apa yang kita makan memengaruhi suasana hati kita,” kata Umadevi Naidoo, direktur Psikiatri Nutrisi dan Gaya Hidup di Massachussets General Hospital, Boston.

Studi yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition dan Psychosomatic Medicine Journal mempresentasikan kesimpulan yang sama.

Studi-studi ini menyimpulkan, bahwa mengonsumsi makanan nabati dan kaya serat menurunkan kemungkinan mengalami depresi.

Momen Lucu Saat Siaran Langsung TV, Petugas VAR Terekam Pesan Makanan

Luasnya pilihan makanan yang bisa memengaruhi suasana hati kita masih sulit untuk ditentukan, tetapi pola depresi tidak tampak terulang ketika makan makanan sehat muncul dalam penelitian yang dilakukan.

Para peneliti percaya bahwa usus kita entah bagaimana terhubung ke otak kita, sehingga memengaruhi suasana hati kita.

Dalam sebuah studi terpisah yang diterbitkan dalam Nature Microbiology, sekitar 2.000 orang dewasa diperiksa mikrobioma mereka.

Hasilnya, bahwa mereka yang menunjukkan tanda-tanda depresi, kekurangan bakteri baik di perut mereka.

“Kami tahu bahwa bakteri baik di usus Anda menghasilkan banyak neurotransmiter yang terlibat dalam suasana hati, seperti norepinefrin dan asam gamma-aminobutirat (GABA),” kata Dr. Drew Ramsey, penulis Eat Complete yang berbasis di New York.

Delapan Buah Ini Bisa Turunkan Kolesterol Akibat Makan Daging

Halaman
12
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved