Hari Ini, Presiden Jokowi Dijadwalkan Mendarat di Bandara YIA Kulonprogo

Jokowi akan mendarat di bandara baru itu sekaligus memantau perkembangan pembangunannya

Hari Ini, Presiden Jokowi Dijadwalkan Mendarat di Bandara YIA Kulonprogo
Tribun Jogja/ Singgih Wahyu Nugraha
Suasana persiapan di lantai tiga terminal Bandara YIA, Kulon Progo. Presiden Joko Widodo dijadwalkan mendarat dan meninjau bandara tersebut hari ini, Kamis (29/8/2019). 

TRIBUNJOGJA. COM, KULON PROGO - Presiden Joko Widodo dijadwalkan mengunjungi Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Temon, Kabupaten Kulon Progo pada Kamis (29/8/2019) pagi ini.

Jokowi akan mendarat di bandara baru itu sekaligus memantau perkembangan pembangunannya sebelum melanjutkan agenda ke Purworejo.

Kunjungan Jokowi di YIA ini akan menjadi kali pertama setelah prosesi Babat Alas Nawung Kridha yang dilakukannya pada 2017 Januari 2017 lalu.

Didampingi Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan sejumlah menteri kabinet, kala itu Jokowi meletakkan batu merah ke dalam tanah sebagai simbol persiapan dimulainya proyek pembangunan bandara baru melalui prosesi tersebut. 

Dalam pidatonya kala itu, Jokowi meminta pembangunan bandara ini rampung dan beroperasi pada Maret 2019.

Pembangunan YIA sendiri menjadi bagian dari Program Strategis Nasional (PSN) di era pemerintahan Jokowi. PT Angkasa Pura I sebagai pemrakarsa pembangunan YIA setelah prosesi Babat Alas langsung melakukan tahap persiapan dengan pembersihan dan penataan lahan.

Proyek pembangunan Bandara YIA memakan lahan sekitar 587,30 hektare di lima desa. Yakni Desa Glagah, Palihan, Sindutan, Jangkaran, dan Kebonrejo.

Terdiri atas tanah berstatus milik Kadipaten Pakualaman dan sisanya tanah milik pemerintah daerah, desa serta hak milik pribadi warga setempat.

Setelah menyelesaikan tahap persiapan dan pematangan lahan, AP I memulai tahap konstruksi fisik infrastruktur bandara sekitar Juli 2018.

Pada Mei 2019, meski pembangunan belum rampung sepenuhnya, operasi penerbangan komersil secara perdana digelar di Bandara YIA.

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved