Kota Magelang

Upaya Penguatan Peran Kelembagaan Kelompok Perikanan Dinilai Begitu Penting

Dia menuturkan, salah satu upaya konkret yang dilakukan Disperpa adalah melalui penumbuhan koperasi di sektor perikanan.

Upaya Penguatan Peran Kelembagaan Kelompok Perikanan Dinilai Begitu Penting
Istimewa
Penyerahan plakat penghargaan kepada Pokdakan Tidar Manfaat Barokah atas keikutsertaannya dalam kegiatan penilaian kinerja kelompok perikanan tingkat provinsi Jawa Tengah 2019 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Upaya penguatan peran kelembagaan kelompok perikanan dinilai begitu penting.

Terlebih pembangunan sektor perikanan pada hakekatnya ditujukan untuk para pelaku utama dan pelaku usaha perikanan yang teroganisir dalam suatu kelompok perikanan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang, Eri Widyo Saptoko mengatakan, keberhasilan pembangunan perikanan perlu ditopang kemandirian kelompok dalam menjalankan dan mengembangkan usaha perikanan yang digeluti menurut prinsip-prinsip ekonomi.

Kelembagaan ekonomi pelaku utama dan pelaku usaha perikanan lebih tepat apabila ditumbuhkembangkan menjadi lembaga koperasi sebagai lembaga ekonomi yang berbasis kerakyatan, sesuai UU nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.

Pemkot Apresiasi Dua Siswa Kota Magelang yang Berhasil Masuk Paskibraka Nasional dan Provinsi

"Pendirian koperasi menjadi pondasi kelembagaan ekonomi pelaku usaha berbasis kerakyatan yang sepenuhnya dikelola secara mandiri oleh pengurus dan anggotanya. Koperasi sektor perikanan menjadi upaya pemberdayaan dan perlindungan pelaku utama dan pelaku usaha perikanan yang diarahkan menjadi kelembagaan ekonomi," ujarnya di kantornya, kemarin.

Dia menuturkan, salah satu upaya konkret yang dilakukan Disperpa adalah melalui penumbuhan koperasi di sektor perikanan.

Pihaknya pun mewujudkannya dengan menyerahkan SK Pengesahan Akta Pendirian Koperasi Produsen Usaha Mina Sejahtera Abadi.

Penyerahan SK bersamaan dengan kegiatan syukuran ulang tahun poklahsar Raos Mino yang ke-7.

Selain penyerahan SK, pihaknya juga menyerahkan plakat penghargaan kepada Pokdakan Tidar Manfaat Barokah atas keikutsertaannya dalam kegiatan penilaian kinerja kelompok perikanan tingkat provinsi Jawa Tengah 2019.

Disperpa Kota Magelang Gelar Sosialisasi Kemanan Pangan dan Prosedur Sertifikasi Halal

"Kami apresiasi juga kepada PD BPR Bank Magelang yang telah memberikan pemaparan materi tentang permodalan kepada pelaku utama/pelaku usaha perikanan. Terima kasih kepada Bank Magelang atas supportingnya kepada pelaku usaha binaan Disperpa, semoga dapat terus bersinergi dan saling menguntungkan," katanya.

Halaman
12
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved