Jepang Beli 73 Rudal SM-3 Block IIA Senilai Rp 47 Triliun dari AS, Senjata Anti-Balistik

Jepang Beli 73 Rudal SM-3 Block IIA Senilai Rp 47 Triliun dari AS, Senjata Anti-Balistik

Jepang Beli 73 Rudal SM-3 Block IIA Senilai Rp 47 Triliun dari AS, Senjata Anti-Balistik
Shutterstock
Ilustrasi peluncur rudal. 

TRIBUNJOGJA.COM - Ketegangan di semenanjung Korea disikapi oleh Jepang.

Sebagai bentuk antisipasi, Jepang dikabarkan membeli rudal anti-balistik dari AS senilai 3,3 miliar dollar atau setara Rp 47 triliun.

Pentagon menyatakan, Tokyo bakal membeli 73 unit rudal SM-3 Block IIA yang didesain ditembakkan dari sistem Aegis untuk mencegat setiap rudal balistik.

Penjualan itu terjadi setelah Korea Utara (Korut) mengembangkan kemampuan militer mereka secara masif, sebagaimana diwartakan AFP Selasa (27/8/2019).

Dalam dua tahun terakhir, Korut mampu meluncurkan rudal balistik jarak menengah dan jarak jauh, berpotensi berhulu ledak nuklir, yang diklaim bisa menjangkau Jepang maupun AS.

Kronologi Viral Video Polisi di Pasuruhan Digrebek dan Dipaksa Lepas Celana, Berduaan Bersama Bidan

Agustus ini saja, Pyongyang sudah menembakkan tujuh proyektil yang disebut rudal jarak pendek, dengan salah satunya disebut mampu menjangkau Jepang.

Selain Jepang, Pentagon juga mengumumkan kesepakatan penjualan senjata kepada Hongaria, Korea Selatan (Korsel), Lithuania, dan Denmark dengan nilai 943 juta dollar, atau Rp 13,4 triliun.

Hongaria akan mendapatkan 180 rudal udara-ke-udara canggih AIM-120C-7 yang dibuat oleh Raytheon, pabrikan pertahanan terbesar di Negeri "Uncle Sam".

Kisah Bu Rusmini dan Anaknya yang Minta Maaf dan Bertobat, Bu Rusmini Meninggal karena Sakit Jantung

Denmark membeli sistem sonar frekuensi rendah dan sonobuoys dari Lockheed Martin.

Lithuania memborong 500 unit Kendaraan Taktis Ringan Gabungan (JLTV).

Sementara Korsel bakal membeli 31 buah torpedo kelas ringan MK 54 yang didesain untuk ditembakkan dari pesawat pemburu kapal selam P-8 Poseidon.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "AS Setuju Jual Rudal Anti-balistik Seharga Rp 47 Triliun ke Jepang", .

Editor: has
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved