Bisnis

Cabaca.id Manfaatkan Ketergantungan Orang Indonesia pada Ponsel untuk Bangun Kebiasaan Membaca

Dalam platform cabaca.id ada beberapa kategori novel mulai dari novel bergenre teenlit, romance, horror bahkan buku tips and trick, motivasi dan masih

Cabaca.id Manfaatkan Ketergantungan Orang Indonesia pada Ponsel untuk Bangun Kebiasaan Membaca
Istimewa
Aplikasi Cabaca 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Beberapa waktu terakhir, Indonesia dinobatkan berada di urutan 62 dari 70 negara dalam urusan minat baca berdasarkan hasil survey beberapa lembaga Pendidikan Internasional.

Survey tersebut merujuk pada jumlah kunjungan ke perpustakaan dan pembaca buku cetak.

Di sisi lain, angka pembaca webtoon atau komik yang bisa diakses secara online sangat tinggi.

Sebagaimana dilansir dari Tribunnews.com, ada dua juta pengikut line webtoon dalam kurun waktu dua minggu sejak pertama kali diluncurkan.

Melihat antusias membaca melalui platform online yang tinggi tersebut, anak bangsa tidak mau kalah.

Anggit Tut Pinilih (founder dari aplikasi mamikos) bersama Fatimah Azzahrah memprakarsai inovasi platform yang menyediakan akses baca yang mudah, murah dan tentu saja berkualitas.

Cabaca.id rilis pada bulan Oktober 2017 dan sampai saat ini sudah memiliki lebih dari seratus lima puluh novel yang bisa diakses oleh semua masyarakat Indonesia melalui ponsel pintar serta jumlah pembaca yang sudah mencapai ribuan perhari.

Lucunya Gaya Anak SD Mendongeng di Lomba Minat Baca Sleman

Menurut Fatimah Azzahrah selaku Co-founder cabaca.id, Indonesia harus bisa memanfaatkan momentum dari fenomena penggunaan ponsel pintar yang sedang terjadi untuk membuat kebiasaan membaca di masyarakat Indonesia.

“Sudah ada beberapa online publisher di luar negeri seperti Kanada, Korea serta Tiongkok dan ternyata responnya sangat bagus terlihat dari banyaknya jumlah pembaca online. Ini saatnya untuk Indonesia memiliki platform serupa agar bisa mendongkrak minat baca dan minat menulis di Indonesia," ungkapnya dalam siaran berita yang diterima Tribunjogja.com, Kamis (28/8/2019).

Dalam platform cabaca.id ada beberapa kategori novel mulai dari novel bergenre teenlit, romance, horror bahkan buku tips and trick, motivasi dan masih terus berkembang seiring banyaknya jumlah pembaca.

Halaman
12
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved