Mulai 2020, Dosen yang Masih Bergelar S1 Tidak Boleh Mengajar, Wajib S2

Mulai 2020, Dosen yang Masih Bergelar S1 Tidak Boleh Mengajar, Wajib S2

Mulai 2020, Dosen yang Masih Bergelar S1 Tidak Boleh Mengajar, Wajib S2
istimewa
Ilustrasi kuliah 

TRIBUNJOGJA.COM - Plt. Sekretaris LL Dikti Wilayah V Tunggul Priyono mengungkapkan sampai saat ini masih ada 494 dosen dari total 7333 dosen di perguruan tinggi swasta (PTS) di DIY yang belum bergelar magister atau S2.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada seluruh dosen yang masih bergelar S1 untuk segera menempuh pendidikan S2 paling lambat pada 2020 mendatang.

"Batas akhir 2020, sudah kita sampaikan dan himbau ke PTS, bahwa tidak ada pilihan lain kecuali harus S2 sesuai dengan Undang-undang. Kalau tidak resiko ditanggung sendiri," ungkapnya.

Dikti Wilayah V sendiri sudah menyampaikan tentang kewajiban dosen bergelar S2 kepada seluruh PTS yang ada di Yogyakarta.

Mahasiswa KKN Undip Edukasi Desa Lemahputih Sistem Ekonik

LIPSUS: Yogya Siap Layani Mobil-Motor Listrik, Kini Tersedia 39 SPLU

Jika nantinya dosen belum menempuh pendidikan S2 hingga batas akhir yang sudah ditetapkan, maka yang bersangkutan tidak bisa lagi mengajar.

Dosen yang belum menempuh S2 nantinya hanya bisa menjadi tenaga administrasi  atau pensiun dini.

"Saat ini sudah ada yang sedang melakukan studi, yang tidak mau studi lanjut maka harus bersedia pensiun dini atau dijadikan tenaga administrasi. Tergantung keputusan dari universitas yang bersangkutan," ungkapnya. (Tribunjogja I Siti Umaiyah)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved