UIN Sunan Kalijaga Fokus Persiapan Pendirian Fakultas Kedokteran

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Fokus Persiapan Pendirian Fakultas Kedokteran

UIN Sunan Kalijaga Fokus Persiapan Pendirian Fakultas Kedokteran
internet
Logo UIN Sunan Kalijaga 

TRIBUNJOGJA.COM - Rencana UIN Sunan Kalijaga untuk membentuk Fakultas Kedokteran harus menunggu beberapa saat terlebih dahulu, lantaran Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI) dalam waktu dekat akan melakukan moratorium perizinan Fakultas Kedokteran di Indonesia, baik untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Rencana moratorium tersebut disebabkan lantaran kondisi di lapangan sudah berdiri sebanyak 90 prodi Fakultas Kedokteran dan sudah tersebar di hampir setiap provinsi, namun dari 90 prodi Fakultas Kedokteran tersebut, 20 di antaranya masih terakreditasi C.

"20 diantaranya masih terakreditasi C, didominasi oleh PTS. Nanti kalau yang akreditasinya C sudah meningkat jadi B, baru mungkin dibuka lagi. Kita masih dalam proses pembahasan, ungkap Direktur Penjaminan Mutu, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti, Aris Junaidi pada Jumat lalu.

Kronologi Siswa SMK di Lahat Dianiaya Bibinya, Pulang Telat Hingga Setrika Panas Melayang ke Tubuh

Menanggapi hal tersebut, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang berencana membentuk Fakultas Kedokteran berpendapat hal tersebut tidaklah masalah.

Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yudian Wahyudi menerangkan saat ini pihaknya lebih terfokus untuk mempersiapkan hal-hal lainnya, baik infrastuktur, penambahan dosen kedokteran maupun persyaratan lainnya.

"Kalau Kedokteran, kita masih mengusulkan ke Jakarta untuk minta tambahan dosen, kita tidak tahu segera dikasih berapa sama Pemerintah Pusat. Sekarang kita sudah dapat tujuh, kalau setahun saja dapat dua, Insyaallah sudah bisa. Tinggal ditambah BLU angkat satu sampai dua orang," ungkapnya.

Mahasiswa Baru ITNY Diharapkan Ikut Jalankan Bela Negara dengan Menangkal Radikalisme

Menurut Yudian, rencana moratorium Fakultas Kedokteran tersebut dirasa memang tepat, lantaran Fakultas Kedokteran memang sangat sensitif.

Sehingga tidak bisa sembarangan, mengingat masih ada sejumlah yang berakreditasi C

Yudian memprediksikan, nantinya ketika moratorium tersebut sudah berakhir, semua persiapan yang dilakukan UIN Sunan Kalijaga juga sudah siap semua. (Tribunjogja I Siti Umaiyah)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved