Jawa

BREAKING NEWS: Hutan di Gunung Merapi Sempat Kembali Terbakar

Kebakaran hutan sempat terjadi kembali di Kawasan Gunung Merapi, Kabupaten Magelang, Jumat (23/8/2019) malam lalu, tetapi api sudah berhasil dipadamka

BREAKING NEWS: Hutan di Gunung Merapi Sempat Kembali Terbakar
Istimewa
Kebakaran hutan sempat terjadi kembali di Kawasan Gunung Merapi, Kabupaten Magelang, Jumat (23/8) malam lalu, tetapi api sudah berhasil dipadamkan malamnya. Tim gabungan dari BPBD, TNI, Polri, TNGM, relawan dan masyarakat pada Sabtu (24/8) menyisir area kebakaran untuk memadamkan bara api yang masih tersisa. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Kebakaran hutan sempat terjadi kembali di Kawasan Gunung Merapi, Kabupaten Magelang, Jumat (23/8/2019) malam lalu, tetapi api sudah berhasil dipadamkan malamnya.

Tim gabungan dari BPBD, TNI, Polri, TNGM, relawan dan masyarakat pada Sabtu (24/8) menyisir area kebakaran untuk memadamkan bara api yang masih tersisa.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto, membenarkan adanya kebakaran hutan pada Jumat (23/8/2019) lalu.

Kepulan asap terpantau dari dari SD Negeri 2 Ngargosoko, Kecamatan Srumbung, Magelang.

Amazon, Hutan yang Menyumbang 20% Oksigen Dunia Alami Kebakaran Terburuk

Petugas dari Polsek Srumbung, Koramil Srumbung, BPBD dan relawan sekitar 220 personel diterjunkan langsung menuju lokasi.

Api yang membakar blok Gentong akhirnya berhasil dipadamkan pada pukul 20.15 WIB.

"Pukul 20.15 WIB titik api di Blok Gentong berhasil dipadamkan. Setelahnya, kami masih dilakukan penyisiran dan pemantauan oleh tim gabungan (TNGM, TNI, POLRI, BPBD Kabupaten Magelang, FMMH,PMH, Relawan dan Masyarakat) karena titik api kembali menyala," tutur Edy, Minggu (25/8/2019).

Baru pada pukul 22.00 api sudah padam,akan tetapi masih terdapat beberapa titik bara api di pohon yang terbakar. Petugas gabungan pun kembali ke lokasi kebakaran pada Sabtu (24/8/2019) untuk memadamkan bara api yang masih tersisa.

Titik api sendiri diketahui berada di Grid C5d.

Setelah melalui medan yang cukup sulit, tim gabungan sampai di lokasi blok Gentong (Grid C5d) dan melakukan pemadaman bara api sebanyak 60 titik.

Mereka memadamkan api secara manual, membuat sekat dan memotong pohon pinus yang terbakar.

'Baru sekitar pukul 13.21 WIB, api sudah benar-benar padam. Tim gabungan akhirnya kembali turun ke pos," ujarnya.

Wilayah terdampak kebakaran pada Grid C5d sendiri mencapai 0,432 hektar. Hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran.

Petugas pun masih melakukan pemantauan di sekitar lokasi untuk mengantisipasi adanya kebakaran lain.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved