Petani Bagi-Bagi Bawang Merah Gratis di Perempatan Dongkelan

Turunnya habis kurban kemarin. Turun 2.000, 3.000, sampai sekarang Rp5.000

Petani Bagi-Bagi Bawang Merah Gratis di Perempatan Dongkelan
Tribun Jogja/Suluh Prasetyo
Nikmati sajian Harian Tribun Jogja hari ini 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Amalia Nurul F

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Harga bawang merah di tingkat petani terjun bebas hampir sepekan terakhir. Hal tersebut dirasakan oleh petani bawang merah asal Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Rujito. Karena hal tersebut, Rujito membagikan bawang merah hasil panennya secara cuma-cuma, Jumat (23/8/2019) siang di simpang empat Dongkelan.

Rujito mengaku, ia merasakan anjloknya harga bawang merah di tingkat petani lepas Iduladha lalu. Dari Rp12.000 per kilogram kini turun jauh menjadi Rp5.000 per kilogram. "Turunnya habis kurban kemarin. Turun 2.000, 3.000, sampai sekarang Rp5.000," ungkapnya seusai membagikan bawang merah ke masyarakat dan pengguna jalan.

Ia mengaku belum tahu persis penyebab harga bawang merah anjlok. Namun musim panen raya ini ia prediksi juga bisa menjadi salah satu sebabnya. "Penyebabnya bisa karena panen raya juga bisa," ujarnya.

Kata Rujito, idealnya harga bawang merah di tingkat petani Rp12.000-Rp15.000 per kilogramnya. Setidaknya dengan harga tersebut bisa menutup biaya produksi petani.

"Perbandingannya, modal Rp12 juta, saya cuma dapat Rp3 juta, belum kepotong operasional. Tombok jadinya," ungkapnya. Menanam bawang merah diakui Rujito membutuhkan modal yang besar.

Berita selengkapnya, simak di edisi cetak Tribun Jogja hari ini. (*)

Penulis: amg
Editor: wid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved