Siaran Pers

Persembahan Siswa Binaan YPA-MDR untuk Negeri

Acara JOGJA WOW FASHION & CRAFT FESTIVAL yang diselenggarakan pada tanggal 22-26 Agustus di Plaza Ambarukmo Yogyakarta.

Persembahan Siswa Binaan YPA-MDR untuk Negeri
IST
Stand YPA-MDR pada gelaran JOGJA WOW FASHION & CRAFT FESTIVAL 

Persembahan Siswa Binaan YPA-MDR untuk Negeri

TRIBUNJOGJA.COM - Sebagai bentuk nyata meningkatkan mutu pendidikan Indonesia di wilayah prasejahtera khususnya pada bidang kecakapan hidup, siswa binaan PT. Astra International melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) mempersembahkan hasil karya berupa produk batik, tenun dan produk keterampilan lainnya yang dipamerkan di acara JOGJA WOW FASHION & CRAFT FESTIVAL yang diselenggarakan pada tanggal 22-26 Agustus di Plaza Ambarukmo Yogyakarta.

Konsep pembinaan 4 pilar yaitu Akademik, Karakter, Seni Budaya dan Kecakapan Hidup merupakan konsep pembinaan yang terintegrasi yang melahirkan siswa-siswi cerdas berkarakter sekaligus memiliki keterampilan sesuai kearifan lokal. Membatik adalah salah satu kecakapan hidup (life skill) untuk sekolah binaan di Gedangsari, Gunungkidul dan Pandak, Bantul. YPA-MDR juga bersinergi dengan para praktisi dan designer sebagai narasumber dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah binaan.

Stand YPA-MDR pada gelaran JOGJA WOW FASHION & CRAFT FESTIVAL
Stand YPA-MDR pada gelaran JOGJA WOW FASHION & CRAFT FESTIVAL (IST)

Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo mengatakan, “Sejak 2007, YPA-MDR hadir memberikan bantuan pendidikan dengan konsep sekolah eskalator yaitu pembinaan berjenjang pada SD, SMP dan SMK pada bidang akademik dan non-akademik di Kabupaten Bantul dan Gunungkidul, Yogyakarta. Hingga kurun waktu hampir 12 tahun, sekolah kami telah menorehkan prestasi yang membanggakan di tingkat Provinsi bahkan Nasional”.

Selain itu, YPA-MDR melakukan program Teaching Factory (Tefa) bagi lulusan SMKN 2 Gedangsari menjadi calon-calon Usaha, Mikro, Kecil & Menengah (UMKM) bidang tata busana berdampak positif pada pemberdayaan masyarakat menuju ekonomi kerakyatan.

Karya-karya batik dan busana para siswa SMKN 2 Gedangsari dengan brand Roges Style dan produk-produk Tefa dengan brand YPA-MDR Collection telah dipromosikan dan dipasarkan di berbagai kegiatan diantaranya Inacraft Fair dan siap berkontribusi di industri mode Indonesia.

Stand YPA-MDR pada gelaran JOGJA WOW FASHION & CRAFT FESTIVAL
Stand YPA-MDR pada gelaran JOGJA WOW FASHION & CRAFT FESTIVAL (IST)

YPA-MDR akan terus memberikan pembinaan kepada guru dan siswa seperti pengembangan desain motif dan pewarnaan. Tidak hanya itu, karya siswa akan didesain menjadi busana atau pakaian ready to wear. Hal ini diharapkan dapat tercipa perekonomian kreatif dengan menjadikan Gedangsari sebagai sentra industri batik di Yogyakarta.

Sekilas Tentang Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR)

Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA MDR) yang berdiri sejak tahun 2009 merupakan salah satu yayasan dari 9 yayasan yang dimiliki PT. Astra International Tbk yang bergerak di bidang layanan pendidikan, sebagai salah satu pelaksana tugas CSR, khususnya pilar Astra untuk Indonesia Cerdas. Visi, Misi dan Goal YPA-MDR adalah menjadi lembaga yang mewujudkan Sekolah Unggul di daerah prasejahtera dan yang mampu mencetak sumber daya manusia yang berkualitas sebagai agent of change menuju masyarakat sejahtera. Pola pembinaan yang dilakukan berdasarkan 4 Pilar, yang meliputi Pilar Akademis, Pilar Karakter, Pilar Kecakapan Hidup dan Pilar Seni Budaya.

Sesuai dengan butir pertama filosofi Astra, Catur Dharma, yaitu “Menjadi Milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara,” YPA-MDR memiliki visi untuk menjadi lembaga sosial yang terkemuka dan kredibel di bidang pendidikan, khususnya di daerah prasejahtera agar seluruh elemen pendidikan mampu meningkatkan kualitas dari segi akademik, intelektual dan kompetensi kecakapan hidup, seni budaya serta memiliki karakter yang didasarkan pada nilai luhur Bangsa Indonesia yang majemuk sebagai bagian dari Sistem Pendidikan Nasional.

Pola Pembinaan YPA-MDR

YPA-MDR meningkatan kualitas pendidikan di daerah prasejahtera melalui empat pilar pembinaan yaitu akademis, karakter, kecakapan hidup dan seni budaya sehingga menjadi Sekolah Swapraja menuju Sekolah Unggul.

Sejak tahun 2006 hingga kini, YPA-MDR telah membina 91 sekolah negeri, 1.107 guru dan 17.946 siswa, yang terdiri dari 66 SD, 20 SMP dan 5 SMK yang terletak di Lampung Selatan, Bogor, Serang, Gunungkidul, Bantul, Pacitan, Kutai Barat, Kupang, Rote Ndao, Kapuas dan Barito Utara.

Program bantuan yang diberikan oleh YPA-MDR kepada sekolah-sekolah binaan meliputi:

  • Pembinaan yang meliputi empat pilar yakni pembinaan akademis, pendidikan karakter, kecakapan hidup dan seni budaya menuju kepada sekolah unggul.
  • Sarana penunjang pendidikan seperti buku pelajaran untuk siswa, buku pegangan untuk guru, buku perpustakaan, perangkat UKS serta alat peraga dan media pembelajaran.
  • Penambahan prasarana ruangan dan renovasi gedung sekolah berikut mebel agar kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik dan berkualitas.
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved