Yogyakarta

Polwan Bagi-bagi Helm Hingga Coklat pada Pengendara

Peringati HUT Polwan ke 71, Polwan Polda DIY sosialisasikan keselamatan lalulintas di simpang empat Tugu Pal Putih, Yogyakarta.

Polwan Bagi-bagi Helm Hingga Coklat pada Pengendara
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Peringati HUT Polwan ke 71, Polwan Polda DIY sosialisasikan keselamatan lalulintas di simpang empat Tugu Pal Putih, Yogyakarta.

Uniknya sosialisasi juga disertai dengan pembagian helm, medical kit, bunga mawar, dan coklat kepada pengendara.

Medical kit sebagai wujud peduli akan kesehatan. Helm sebagai wujud komitmen diri dalam berkendara di jalan raya. Coklat dan bunga menjadi pertanda perhatian atas keselamatan dalam berkendara.

Festival Apresiasi Mitra, Momen Distribusi Jaket dan Helm Baru

Ketua HUT Polwan Polda DIY, AKBP Verena Sri Wahyuningsih mengatakan Polda DIY merasa prihatin karena angka fatalitas korban dalam kecelakaan masih tergolong tinggi.

Kelalaian dalam berkendara masih mendominasi penyebab kecelakaan.

Melalui HUT Polwan dengan tema Selamatkan Generasi SDM Unggul Indonesia dari Korban Fatalitas Kecelakaan Lalulintas, pihaknya ingin melalui kegiatan tersebut dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalulintas.

"Memang angka kecelakaan yang disebabkan oleh kelalaian terbilang tinggi. Mulai dari melawan arus, tidak menggunakan perlengkapan saat berkendara, melebihi batas kecepatan, dan menggunakan handphone selama berkendara. Itu yang jadi keprihatinan kami,"katanya, Kamis (22/8/2019).

Mengenal Briptu Imah, Polwan Cantik Asal Jogja yang Viral, Jadi Pasukan Perdamaian PBB di Afrika

Ia menilai kesadaran tahu aturan lalu lintas saja tidak cukup.

Namun juga harus dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kesadaran berlalulintas perlu terus ditanamkan.

"Faktor terburu-buru menjadi alasan pengendara tidak mengindahkan aturan yang ada. Sekedar tahu aturan saja tidak cukup, harus dipraktikkan dan menjadi kesadaran diri,"ujarnya.

Kasubdit Keamanan dan Keselamatan Ditlantas Polda DIY, AKBP Tri Iriana berharap kesadaran berkendara terus tumbuh.

Polisi khususnya Polwan tidak bisa selamanya mengingatkan. Sehingga untuk mematuhi semua regulasi jalan raya tetap berangkat dari diri sendiri.

"Jauh kedepan, sadar berlalulintas itu juga menjaga kualitas SDM bangsa. Itulah mengapa pengurangan fatalitas menjadi perhatian kami. Kalau dipilihnya Tugu Pal Putih, selain ikon juga tergolong padat kendaraan,"tambahnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved