Pendidikan

Sistem Pakar dalam Revolusi Manajemen Pendidikan

Sejak diperkenalkan oleh pemerintah Jepang, revolusi Industri 4.0 yang dibarengi era disrupsi dan Society 5.0 menjadi sebuah tantangan yang harus diha

Sistem Pakar dalam Revolusi Manajemen Pendidikan
Istimewa
Penetapan Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, M.Pd. sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Pendidikan pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Rabu (21/8/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Di era digital, semua informasi dapat dengan mudah diperoleh, baik dimana saja dan kapan saja.

Sejak diperkenalkan oleh pemerintah Jepang, revolusi Industri 4.0 yang dibarengi era disrupsi dan Society 5.0 menjadi sebuah tantangan yang harus dihadapi, begitu pula dalam dunia pendidikan.

Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, M.Pd. dalam pidato pengukuhannya sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Manajemen Pendidikan pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta menerangkan, society 5.0 merupakan gambaran masyarakat yang bisa menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan inovasi yang lahir dari Revolusi Industri 4.0, seperti internet of things, big data, Artificial Intelligence, robot canggih, dan berbagai mesin canggih.

Hadapi Era Teknologi 4.0, Prodi Sarjana Terapan Kebidanan UNISA Aplikasikan Virtual Learning

Dalam dunia pendidikan sendiri, menurutnya insan pendidikan harus secepat mungkin memahami dan mengaplikasikan peradaban canggih tersebut.

"Informasi dari berbagai belahan dunia dengan mudah dapat diakses dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Insan pendidikan dihadapkan pada situasi yang selalu berpikir dan bergerak cepat sehingga insan pendidikan diharuskan untuk selalu cepat dan tepat mengikuti perkembangan yang ada untuk dapat menangkap peluang dan mengelola tantangan yang datang dan pergi sangat cepat," ungkapnya dihadapan rapat terbuka Senat di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY Rabu (21/8/2019).

Guru besar UNY ke-142 ini mengungkapkan, berdasarkan kondisi di atas, maka perlu revolusi di bidang pendidikan termasuk di dalamnya Manajemen Pendidikan, salah satu tawaran solusinya adalah Sistem Pakar dalam Revolusi Manajemen Pendidikan.

Sistem pakar dalam revolusi manajemen pendidikan sendiri merupakan suatu sistem pakar yang terdiri dari para ahli dalam bidang manajemen pendidikan dengan dilengkapi sistem kecerdasan buatan berbasis TI yang dapat membantu penciptaan keilmuan baru dalam bidang manajemen pendidikan atau formulasi keilmuan baru dalam bidang manajemen pendidikan dan mendukung aktivitas pemecahan masalah manajemen pendidikan.

Menurutnya, sistem pakar ini, memungkinkan pengembangan Ilmu manajemen pendidikan pada tingkatan multidisipliner, transdisipliner, bahkan nanodisipliner.

Sistem pakar ini diharapkan dapat menghasilkan ilmu baru khususnya bidang ilmu manajemen pendidikan.

Sistem PJJ Jadi Alternatif Pembelajaran di Era 4.0

"Sistem Pakar dalam revolusi Manajemen Pendidikan adalah suatu sistem komputer yang berusaha memberikan prediksi formulasi model revolusi manajemen pendidikan dengan cara meniru logika berpikir dan bernalar para pakar dalam menyelesaikan suatu permasalahan manajemen pendidikan," ungkapnya

Lebih lanjut dia menjelaskan, Sistem Pakar ini pada dasarnya merupakan program komputer yang bekerja seperti halnya seorang pakar, sistem ini memiliki kemampuan untuk memberikan penjelasan kepada pemakai tentang prediksi formulasi model revolusi manajemen pendidikan dan solusi yang diberikan di masa depan.

"Sistem Pakar dalam revolusi Manajemen Pendidikan dirancang sebagai sistem dengan siklus hidup pengembangan sistem revolusi manajemen pendidikan. Dengan siklus hidup pengembangan sistem tersebut, maka Sistem Pakar dalam revolusi manajemen pendidikan terus berkembang dengan logika kerja seperti kecerdasan manusia," katanya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved