Jawa

Pasar Rakyat Magelangan Resmi Dibuka, Beragam Produk UMKM Dipamerkan

Pasar ini memamerkan berbagai produk unggulan dari UMKM yang ada di Kabupaten Magelang, dari produk olahan pangan, kerajinan, kuliner, batik, hingga p

Pasar Rakyat Magelangan Resmi Dibuka, Beragam Produk UMKM Dipamerkan
Istimewa
Sekda Kabupaten Magelang, Adi Waryanto, meninjau stan UMKM yang ada di Pasar Rakyat Magelangan di Lapangan drh Soepardi, Sawitan, Mungkid, Kabupaten Magelang, Rabu (21/8/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pasar Rakyat Magelangan resmi dibuka, Rabu (21/8/2019).

Pasar ini memamerkan berbagai produk unggulan dari UMKM yang ada di Kabupaten Magelang, dari produk olahan pangan, kerajinan, kuliner, batik, hingga produk pertanian, perkebunan, kehutanan dan hasil pendidikan.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin melalui Sekda Kabupaten Magelang, Adi Waryanto, mengatakan pasar rakyat ini diharapkan dapat memperkenalkan produk-produk unggulan dari UMKM yang ada di Kabupaten Magelang.

Menurutnya, keberadaan UMKM ini penting karena telah menunjang perekonomian daerah dan nasional.

Dewan Susun Raperda Kepemudaan, Tujuannya Mengembangkan Potensi Pemudaan di Kota Magelang

UMKM dari Kabupaten Magelang sendiri terus tumbuh. Hingga kini tercatat 106ribu UMKM yang tersebar di 21 kecamatan.

"Peran UMKM dalam menunjang perekonomian di Indonesia sangatlah besar karena jumlahnya relatif banyak yang mencapai lebih dari 90 persen dari total unit usaha nasional. Tahun 2019 ini terdapat 106.000 unit UMKM yang telah tumbuh," ujarnya, di sela pembukaan Pasar Rakyat Magelangan, Rabu (21/8) di Lapangan drh Soepardi, Sawitan, Mungkid, Magelang.

Meski jumlahnya tumbuh dengan pesat, tetapi tidak semua UMKM memiliki performa yang bagus.

Ada sejumlah UMKM yang masih rendah dalam produktivitas tenaga kerja, produk unggulan yang terbatas, dan inovasi dan sertifikasi produk yang minim.

"Kami pun akan memberikan perhatian kepada UMKM. Mereka perlu peningkatan kualitas UMKM, baik menyangkut lembaganya, produk pemasaran, maupun aksesnya," tukas Adi.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved