Agenda Jogja Hari Ini

Menyapa Mahasiswa Baru, Paniradya Kaistimewan DIY Gelar JOGJA MENYAPA Sore Ini

Kegiatan ini digelar pada Rabu (21/8/2019) pada pukul 16.00 WIB - 22.00 WIB, di Fakultas Ilmu Budaya UGM Yogyakarta.

Menyapa Mahasiswa Baru, Paniradya Kaistimewan DIY Gelar JOGJA MENYAPA Sore Ini
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Mahasiswa baru yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia diajak untuk bisa mengenal keistimewaan Yogyakarta.

Diantaranya, mereka mendapatkan bekal baik sisi sosial kemasyarakatan, pola perilaku kesantunan, keramahtamahan, seni, budaya, kuliner, dan berbagai hal yang menarik dan unik lainnya.

Kegiatan ini dianggarkan melalui dana keistimewaan sebesar Rp 50 juta dan dibantu oleh BPD DIY.

Hal ini dilakukan oleh Paniradya Kaistimewan DIY yang menyapa para mahasiswa baru di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan menggelar kegiatan bertajuk JOGJA MENYAPA: Ngaruhke, Ngarahke - Tepung, Dunung, Srawung.

Palette X Wardah: Tutorial Make Up ke Kondangan yang Antiribet

Kegiatan ini digelar pada Rabu (21/8/2019) pada pukul 16.00 WIB - 22.00 WIB, di Fakultas Ilmu Budaya UGM Yogyakarta.

“Paniradya Kaistimewan melihat momentum datangnya para mahasiswa baru di DIY ini sebagai saat yang tepat untuk lebih mengenalkan keistimewaan Yogya. “Ngaruhke, Ngarahke” yang menjadi tagline acara ini adalah tindakan-tindakan awal yang umum dilakukan masyarakat DIY ketika menyambut tamu atau warga baru,” ujar Paniradya Pati, Beny Suharsono dalam jumpa pers di Media Center, Senin (19/8/2019).

Dia menjelaskan, Ngaruhke maksudnya menerima, menyambut, atau sapaan sugeng rawuh/selamat datang.

Sementara, Ngarahke maksudnya mengarahkan atau menunjukkan berbagai hal tentang DIY, sehingga antara warga baru dan tuan rumah dapat saling mengenal dan memahami.

Dengan saling mengenal dan memahami, harapannya para warga baru, dalam hal ini para mahasiswa baru, bisa Tepung (paham dan mengerti), Dunung(mengenal lebih dekat), dan Srawung (menjalin hubungan lebih dekat dan akrab).

Gubernur DIY Minta Mahasiswa Asal Papua Fokus untuk Belajar di Yogyakarta

Sehingga proses akulturasi dan inkulturasi budaya antara para warga baru dengan masyarakat DIY berlangsung dengan tetap mengedepankan semangat Bhinneka Tunggal Ika yang sudah tertanam sejak lama.

Halaman
12
Penulis: ais
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved