Sleman

Desa Sidoarum Dikukuhkan Sebagai Desa Tangguh Bencana

Pengukuhan Destana juga disertai dengan pengukuhan tim Destana Sidoarum sebanyak 30 orang.

Desa Sidoarum Dikukuhkan Sebagai Desa Tangguh Bencana
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Desa Sidoarum, Kecamatan Godean dikukuhkan sebagai Desa Tanguh Bencana (Destana) oleh Bupati Sleman, Selasa (20/8/2019).

Pengukuhan Destana juga disertai dengan pengukuhan tim Destana Sidoarum sebanyak 30 orang.

Sri Purnomo mengatakan, dalam menyikapi kejadian bencana saat ini tidak lagi dengan sikap responsif, namun sudah menuju preventif yaitu pengelolaan resiko bencana.

Ia menilai peran aktif masyarakat, tim relawan, dan para pemangku kepentingan sangatlah penting dalam melakukan mitigasi bencana alam yang ada di Kabupaten Sleman.

Rentan Diterjang Angin Kencang, Tambakrejo Tempel Dikukuhkan Jadi Desa Tangguh Bencana

Maka Pemerintah Kabupaten Sleman disebutnya akan terus berupaya untuk membekali masyarakat dengan pengetahuan dan keterampilan mitigasi bencana.

"Adanya dampak yang lebih besar dalam peristiwa bencana terjadi diantaranya karena kurangnya pengetahuan kita tentang langkah-langkah yang harus dilakukan ketika terjadi bencana," jelasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sleman, Haenry Dharma Wijaya memaparkan bahwa dengan dikukuhkannya Desa Sidoarum sebagai Destana, maka jumlah Destana di Kabupaten Sleman bertambah menjadi 51 Destana yang telah dibentuk dan dikukuhkan.

Ia mengatakan bahwa pembentukan Destana merupakan upaya dalam penguatan kelembagaan masyarakat untuk mengurangi resiko bencana serta sebagai wujud kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana.

"BPBD Kabupaten Sleman berusaha mengimplementasikan penguatan kelembagaan masyarakat tersebut dengan mensinergikan berbagai elemen yaitu pemerintah, masyarakat, dan pengusaha agar bisa terwujud masyarakat Sleman yang tanggap, tangkas dan tangguh dalam menghadapi bencana," jelasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: nto
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved