Yogyakarta

Sultan Minta Peringatan HUT ke-74 RI Jadi Momentum Introspeksi

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X memimpin langsung upacara yang dihadiri oleh ratusan tamu undangan tersebut.

Sultan Minta Peringatan HUT ke-74 RI Jadi Momentum Introspeksi
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri
UPACARA PENGIBARAN BENDERA HUT RI KE-74. Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X yang bertindak sebagai inspektur upacara menyerahkan bendera kan dalam upacara peringatan HUT RI ke-74 di Istana Negara Gedung Agung, KOta Yogyakarta, Sabtu (17/8/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74, digelar di halaman Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta, Sabtu (17/8/2019) pagi.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X memimpin langsung upacara yang dihadiri oleh ratusan tamu undangan tersebut.

Peringatan HUT ke-74 RI yang mengangkat tema 'SDM Unggul Indonesia Maju' itu, dimulai pada pukul 09.45 Wib dengan masuknya komandan upacara yakni Ajun Komisaris Besar Polisi Daru Tyas yang juga menjabat sebagai Kasubdit IV DIY Intelkam Polda DIY ke lapangan upacara.

Warga Kopek-Demen Gelar Kirab Budaya Merti Dusun, Wujud Syukur Kepada Tuhan Atas Limpahan Rezeki

Sementara Inspektur Upacara, Sri Sultan HB X masuk ke lapangan upacara pada pukul 09.55 WIB yang kemudian dilanjutkan dengan penghormatan pasukan serta penyampaian laporan oleh Komandan Upacara agar upacara segera dimulai.

Setelah pembunyian sirine selama kurang lebih satu menit, upacara dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan oleh Ketua DPRD DIY, Yoeke Indra Agung dan dilanjutkan dengan proses mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara dan ditutup dengan doa.

Suasana semakin khidmat ketika pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) memasuki lapangan upacara. Pasukan Paskibraka yang berasal dari siswa SMA berprestasi se-DIY tersebut memasuki lapangan upacara setelah prosesi pembacaan doa.

Sebelum upacara usai dilanjutkan dengan proses pembubaran pasukan upacara, tamu undangan juga dihibur dengan lantunan lagu-lagu perjuangan dan lagu daerah yang dinyanyikan oleh paduan suara gabungan pelajar SMP dan SMA di wilayah DIY.

5 Peristiwa Tak Terduga Ketika Upacara Bendera 17 Agustus

Ditemui seusai upacara berlangsung Sri Sultan HB X mengatakan, peringatan HUT ke-74 RI merupakan momen yang tepat untuk introspeksi dan mawas diri.

Ia berharap dengan peringatan kemerdekaan ini, bangsa dan negara Indonesia sudah punya indentitas yang kuat.

"Saya berharap komitmen untuk berbangsa dan bernegara dengan ideologi Pancasila itu tetap untuk menjadi dasar pondasi yang tidak boleh ada yang lain," ujarnya.

Tema yang diangkat pada peringatan kali ini menurut Sultan juga perlu konsistensi untuk mengaplikasikannya.

Ia meminta, peningkatan SDM tidak hanya soal keberadaan sekolah melainkan harus mempunyai nilai tambah untuk berkompetisi.

Sementara itu, Yoeke menjelaskan ke depan DIY mesti menjadi daerah yang mandiri dengan mengedepankan keunggulan sektor SDM.

"DIY memang wilayah yang minim SDA dan perusahaan besar, oleh karena itu DIY harus meningkatkan ketrampilan masyakarat untuk menciptakan usaha yang mandiri," urainya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved