Gunungkidul

BPBD Gunungkidul Prediksikan Oktober Anggaran untuk Kekeringan Habis

Kekeringan yang terjadi di Gunungkidul sejak bulan April hingga pertengahan bulan Agustus membuat anggaran untuk dropping air semakin menipis.

BPBD Gunungkidul Prediksikan Oktober Anggaran untuk Kekeringan Habis
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Kekeringan yang terjadi di Gunungkidul sejak bulan April hingga pertengahan bulan Agustus membuat anggaran untuk dropping air semakin menipis.

Saat ini, dropping air telah menghabiskan anggaran sebesar Rp 300 juta lebih, sedangkan anggaran yang disiapkan untuk menghadapi kekeringan sebanyak Rp 500 juta.

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan, sebanyak Rp 300 juta tak hanya untuk membeli air tetapi juga sudah memuat upah pengemudi, biaya bahan bakar minyak, hingga servis kendaraan tangki.

Uniknya Sego Penggel Khas Kebumen di Watoe Gajah

"Perkiraan kita sejak kekeringan lalu sudah habis Rp 300 juta lebih sedikit, prediksi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kekeringan di Gunungkidul hingga bulan Oktober," katanya pada Tribunjogja.com, Jumat (16/8/2019).

Edy menuturkan data yang terdampak kekeringan dilihat dari kecamatan, desa, Kepala Keluarga (KK), maupun jiwa belum berubah.

Tetapi ada penambahan permintaan droping air yaitu di Kecamatan Semin.

"Kemarin kan yang mengajukan Kecamatan Rongkop, Girisubo, Tepus, Tanjungsari, Paliyan, Panggang, lalu Purwosari, Nglipar, Ngawen, dan ini masuk Semin," paparnya.

Ia memperkirakan dana habis saat Bulan Oktober, jika nanti dana habis pihaknya bisa mengajukan tambahan anggaran melalui Belanja Tidak Terduga (BTT), provinsi, hingga mengajukan bantuan ke pemerintah pusat.

Gubernur DIY Apresiasi Panen Padi dengan Budidaya Tanaman Sehat di Gunungkidul

"Pada bulan September nanti kita akan hitung detailnya masih kurang berapa. Jika sampai Oktober itu jelas kurang. Beberapa waktu lalu sudah dijanjikan anggaran tambah pada APBD Perubahan tetapi hingga saat ini belum ada kabar lebih lanjut," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved