Kota Yogya

Bank Jogja Resmi Jadi Perumda

Sejak 7 Agustus 2019, PD BPR Bank Jogja Kota Yogyakarta telah resmi berganti kelembagaan menjadi Perumda BPR Bank Jogja.

Bank Jogja Resmi Jadi Perumda
internet
Bank Jogja Resmi Jadi Perumda 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sejak 7 Agustus 2019, Perusahaan Daerah (PD) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bank Jogja Kota Yogyakarta telah resmi berganti kelembagaan menjadi Perumda BPR Bank Jogja.

Hal tersebut setelah Perda Kelembagaan Bank Jogja disahkan dan menyusul kemudian Perda Penyertaan Modal Bank Jogja yang juga telah diketok palu.

Direktur Utama Perumda BPR Bank Jogja, Kosim Junaedi mengatakan bahwa sebelum berganti menjadi Perumda, pihaknya dihadapkan dengan pilihan yakni apakah menjadi Perumda atau Perseroda.

Uniknya Sego Penggel Khas Kebumen di Watoe Gajah

"Kemudian dipilihlah Perumda dengan alasan yang mendasar, agar pemilik tetap tunggal yakni Pemkot. Kalau Perseroda pemiliknya minimal dua," bebernya pada Tribunjogja.com, Kamis (15/8/2019).

Kosim menjelaskan, dengan perubahan kelembagaan dari PD menjadi Perumda, sebenarnya tidak banyak hal yang berubah.

"Kalau Perseroda harus ada proses sebelumnya misalkan pemilihan partner dan evaluasi aset. Kalau Perumda seperti PD. Paling kita melaporkan ke otoritas, mengumumkan dari PD jadi Perumda. Jadi seperti meneruskan saja, hanya saja dengan semangat baru," urainya.

Haryadi Minta Bank Jogja Berinovasi dengan Teknologi

Bergantinya status tersebut, juga membawa dampak baik terkait permodalan.

Modal awal Bank Jogja sebesar Rp 100 miliar, setelah resmi berganti Perumda maka ditambahkan Rp 250 miliar sehingga total keseluruhan modal menjadi Rp 350 miliar.

"Pemenuhan modal tersebut rencananya dilakukan secara bertahap selama 5 tahun," urainya.

Kosim pun berharap, dengan bergantinya kelembagaan tersebut, performa Bank Jogja untuk dapat melayani masyarakat dengan cakupan yang lebih banyak lagi bisa berjalan dengan optimal. (*)

Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved