Komunitas Eksplorasa Nusantara Kirim Daging ke Palestina Lewat Gerakan Masak Daging Kurban

Pemilihan beberapa olahan maskaan nusantara untuk dikirim ke Palestina ini sesuai misi Ekplorasa Nusantara

Komunitas Eksplorasa Nusantara Kirim Daging ke Palestina Lewat Gerakan Masak Daging Kurban
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Eksplorasa Nusantara sebuah komunitas pengusaha kuliner menggelar kegiatan sosial berupa Gerakan Masak Daging Kurban bertajuk Qurban For Humanity, Ayo Masak Buat Palestina pada Rabu (14/8/3019) di Laboratorium Cooking 2 Kampus UAD. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Eksplorasa Nusantara, sebuah komunitas pengusaha kuliner menggelar kegiatan sosial berupa Gerakan Masak Daging Kurban bertajuk 'Qurban For Humanity, Ayo Masak Buat Palestina' pada Rabu (14/8/3019) di Laboratorium Cooking 2 Kampus Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini menggandeng Lazismu, Perkumpulan Chef Professional Indonesia (PCPI), UAD, Stipram dan Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua.

Founder Ekplorasa Nusantara, Jawel Husin, mengatakan kegiatan bertajuk 'Qurban For Humanity, Ayo Masak Buat Palestina' ini mengolah daging sapi menjadi berbagai olahan nusantara seperti rendang, gulai, kalio dan tongseng.

Ia mengatakan, pemilihan beberapa olahan maskaan nusantara untuk dikirim ke Palestina ini sesuai misi Ekplorasa Nusantara untuk mengenalkan makanan khas nusantara.

"Kita ingin mengkampanyekan makanan nusantara, jadi ini bagian dari misi budaya, bagaimana orang luar mengenal kuliner kita," ujarnya.

Setelah berbagai masakan tersebut diolah, maka selanjutnya akan dikemas dalam bentuk kalengan berukuran 200 gram.

Olahan daging kemasan ini ini tahan hingga tiga bulan.

"Proses pengalengan kita bekerjasama dengan tempat pengalengan yang telah berstandar internasional, sehingga ketika dikirim ke luar negeri sudah tersertifikasi," kata dia.

Setelah dikemas, olahan daging tersebut akan dikirimkan ke Palestina yang akan disalurkan langsung oleh Lazismu.

"Daging ini dikirim dari Lazismu, ada tiga sapi yang sudah kita olah. Satu sapi lagi akan kita olah hari ini. Sebelum kita kirim ke Palestina, kita kemas dalam bentuk kaleng ukuran 200 gram. Jadi ada sekitar 1200 kaleng yang akan kita kirim kembali ke Lazismu untuk disalurkan ke Palestina," jelas dia.

Sementara itu, Perwakilan Lazismu Jateng, Ria Jatmiko, menambahkan tahun ini merupakan tahun ke-4 Lazismu mengirimkan daging kurban ke Palestina.

"Kegiatan ini dalam rangka memotivasi masyarakat supaya kurban lebih bermanfaat untuk sesama," tuturnya.

Kaprodi Bisnis Jasa Makanan Fakultas Ekonomi Bisnis UAD Retno Sari menambahkan, kegiatan ini melibatkan sebanyak 15 mahasiswa semester dua dan semester empat Prodi Bisnis Jasa Makanan UAD untuk turut serta memasak daging kurban.

"Mahasiswa kami bekali keilmuan di bidang pengolahan makanan sehingga melalui kegiatan ini mereka mempraktikkan ilmunya yang  didapat selama kuliah,"terangnya. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved