Yogyakarta

860 Warga Binaan Akan Dapat Remisi pada HUT Kemerdekaan RI

Sedikitnya 860 warga binaan lembaga pemasyarakatan di DIY akan mendapatkan remisi dalam peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan RI.

860 Warga Binaan Akan Dapat Remisi pada HUT Kemerdekaan RI
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Sedikitnya 860 warga binaan lembaga pemasyarakatan di DIY akan mendapatkan remisi dalam peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan RI.

Dari jumlah tersebut sebanyak 38 warga binaan akan mendapat remisi bebas.

Kepala Kantor Wilayah DIY Kementerian Hukum dan HAM, Krismono menjelaskan, penyerahan remisi ini berdasarkan atas Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM tentang remisi bagi warga binaan dalam Penyerahan dilakukan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X kepada Kepala Kanwil Kemenkumham DIY.

“SK terkait remisi tersebut selanjutnya akan diserahkan pada Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan di seluruh DIY. Total penerima remisi umum kali ini ada 860 warga binaan, dimana 38 orang diantaranya dinyatakan bebas usai menerima remisi ini,” paparnya saat ditemui Tribunjogja.com usai penyerahan di bangsal Kepatihan, Rabu (14/8/2019).

Uniknya Sego Penggel Khas Kebumen di Watoe Gajah

Dalam kesempatan itu, Krismono juga menjelaskan, dua orang yang dinyatakan bebas usai menerima remisi kali ini, keduanya adalah kasus narkotika. 

Kemudian, ada sekitar 90 orang yang mendapat remisi pada kasus khusus.

Penerima remisi untuk kasus khusus lainnya adalah kasus narkotika dua bebasa langsung, narkotika  83 orang, kasus korupsi satu orang, kasus pencucian uang empat orang, dan kasus human trafficking dua orang.

Dia menjelaskan, dari narapidana yang mendapatkan remisi bebas ini sudah menjalani hukuman selama beberapa tahun.

Ada warga binaan yang sudah satu tahun menjalani masa hukuman, bahkan ada yang menjalani lima tahun penjara kemudian bebas.

“Untuk remisinya juga bermacam-macam ada yang mendapatkan satu hingga enam bulan,” ujarnya.

Sebanyak 820 WBP di DIY Dapat Remisi

Halaman
12
Penulis: ais
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved