Kota Yogya

Sebagian Masjid dan Sekolah di Kota Yogya Sudah Tak Gunakan Plastik untuk Bungkus Daging Kurban

Imbauan untuk tidak menggunakan kantong plastik dalam distribusi hewan kurban, mendapatkan sambutan bagus dari warga.

Sebagian Masjid dan Sekolah di Kota Yogya Sudah Tak Gunakan Plastik untuk Bungkus Daging Kurban
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri
BUNGKUS DAUN JATI. Panitia kurban membungkus daging dengan daun jati di Masjid Margoyuwono, jalan Langesnastran Lor, Kota Yogyakarta, Minggu (11/8/2019). Penggunaan bungkus daun jati oleh panitia masjid sudah dilakukan secara turun temurun yang bertujuan agar daging kurban tetap bersih dan menghindari penggunaan plastik. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Imbauan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta untuk tidak menggunakan kantong plastik dalam distribusi hewan kurban, mendapatkan sambutan bagus dari warga.

Kepala DLH Kota Yogyakarta Suyana menjelaskan bahwa memang penerapan ini baru kali pertama dan sudah direspon baik oleh warga.

Uniknya Sego Penggel Khas Kebumen di Watoe Gajah

"Masih taraf belajar, pelan-pelan. Tahun depan diharapkan cakupannya sudah lebih meluas," ujarnya pada Tribunjogja.com, Selasa (13/8/2019).

Suyana lantas menjelaskan bahwa setidaknya berdasarkan laporan sementara yang diterimanya terdapat 19 masjid di Kota Yogyakarta yang memanfaatkan besek, daun pisang, dan daun jati sebagai pengganti kantong plastik dalam pendistribusian daging kurban.

Warga Kulon Progo Wadahi Daging Kurban dengan Besek

"Sekolah ada delapan lokasi yang menggunakan besek, daun pisang atau jati, kertas, dan ada yang membawa wadah makanan sendiri. Sementara untuk perusahaan ada 1 lokasi yakni PT SGM dengan besek dan daun pisang," urainya.

Disinggung mengenai ditemukan tidaknya kasus warga yang mencuci jeroan atau organ dalam hewan kurban di sungai, Suyana mengatakan tidak mendapatkan laporan tersebut. (*)

Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved