Bantul

Pemkab Bantul Ingin Tatanan Kabupaten Sehat Merata

Hal tersebut berkaitan dengan Kabupaten Bantul yang kembali mendapat penghargaan tertinggi Kabupaten Sehat dari Kementerian Kesehatan yakni Swasti Sab

Pemkab Bantul Ingin Tatanan Kabupaten Sehat Merata
TRIBUNJOGJA.COM / Amalia Nurul F
Workshop Kabupaten Sehat untuk mempertahankan penghargaan Swasti Saba Wistara, Selasa (12/8/2019) di Gedung Induk Parasamya Kabupaten Bantul. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Pemerintah Kabupaten Bantul menginginkan tatanan kabupaten sehat merata di seluruh desa dan dusun.

Hal tersebut berkaitan dengan Kabupaten Bantul yang kembali mendapat penghargaan tertinggi Kabupaten Sehat dari Kementerian Kesehatan yakni Swasti Saba Wistara.

Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, penghargaan yang diraih oleh Kabupaten Bantul tersebut harus ada keseimbangan antara komponen pengungkit dan komponen hasil.

"Kita pahami bahwa penghargaan swasto saba wistara ini hanya mengukur komponen-komponen pengungkit saja. Swasti saba wistara adalah penilaian yang objeknya hanya pengungkit saja. Oleh karena itu tampak tidak selaras manakala komponen pengungkitnya bagus tetapi komponen hasilnya tidak bagus," jelasnya dalam workshop Kabupaten Sehat, Senin (12/8/2019) pagi di Gedung Induk Parasamya Kabupaten Bantul.

Harga Cabai Rawit di Pasar Bantul Masih Tinggi

"Saya berharap Swasti Saba Wistara yang sudah kita dapat dua kali dan akan kita pertahankan tiga kali, akan membuahkan hasil yang baik," sambungnya.

Komponen pengungkit yang dinilai antara lain tataran kehidupan permukiman sarana prasarana sehat, tatanan ketahanan pangan dan gizi, hingga tatanan pariwisata sehat.

Jika semua tatanan terpenuhi, hasil yang positif pun dapat terlihat.

"Seperti drainase bagus, air bersih tersedia. Kemudian tatanan ketahanan pangan dan gizi, gizi tercukupi. Tatanan pariwisata sehat, di sana terdapat tempat-tempat sampah yang baik. Jika semua ini terpenuhi mestinya ada hubungan sebab akibat yang positif. Hasilnya adalah masyarakat Bantul yang sehat," paparnya.

Bantul Siap Pertahankan Penghargaan Swasti Saba Wistara Sebagai Kabupaten Sehat

Menurutnya, Kabupaten Sehat merupakan budaya. Tanpa budaya hidup sehat, indeks kesehatan juga akan rendah.

"Seperti budaya ramah lingkungan, sekalipun sudah menyediakan tempat pembuangan sampah sementara, tong sampah, kalau masyarakat tidak punya budaya buang sampah pada tempatnya, sarana yang kita bangun dengan miliaran rupiah itu sudah tidak ada artinya," katanya.

Halaman
12
Penulis: amg
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved