Pendidikan

Lulusan Magister Psikologi Wajib Miliki Kecakapan Kerja

Penentu kualitas lulusan magister atau S2 Psikologi ditentukan oleh kemampuan mahasiswa dalam hal employability (kecakapan kerja).

Lulusan Magister Psikologi Wajib Miliki Kecakapan Kerja
Istimewa
Pembicara seminar nasional usai memaparkan materi belum lama ini 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Penentu kualitas lulusan magister atau S2 Psikologi ditentukan oleh kemampuan mahasiswa dalam hal employability (kecakapan kerja).

Hal ini diungkapkan dalam Seminar Nasional dan Call for Papers yang mengangkat tema Master of Science in Psychology: Research, Opportunities, and Employability belum lama ini.

Pengelola Magister Psikologi UAD Dr Fatwa Tentama SPsi MSi memaparkan bahwa employability merupakan modal penting untuk mencapai lulusan magister psikologi yang berkualitas.

Yakni kesiapan bekerja, atau kesiapan belajar dalam konteks mahasiswa.

Lebih dari Separo Peserta Calon Pimpinan KPK Gagal Tes Psikologi, Hanya 40 Orang yang Lolos

Adanya employability maka mahasiswa magister psikologi akan dapat mengidentifikasi karirnya kedepan, memiliki kemampuan beradaptasi, memiliki kepribadian yang baik dan juga jejaring sosial yang luas.

"Selain itu mahasiswa juga akan mampu menjalani proses perkuliahan dengan baik, menyusun tesis dengan lancar dan mampu segera mempublikasikannya dalam jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional," ungkapnya, Senin (12/8/2019).

Dalam seminar turut hadir pembicara tamu Dekan Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang Prof Dr Fattah Hanurawan MSi MEd.

Ketua Panitia Dr AM Diponegoro menjelaskan, seminar ini bertujuan untuk memaparkan dan membahas tantangan akademisi psikologi baik mahasiswa magister psikologi maupun dosen.

Khususnya permasalahan mengenai riset dan employability agar mendapatkan solusi terbaik.

Minim Prodi Magister, LL Dikti Wilayah V DIY Dorong PT Prioritas Prodi S2

"Selain itu juga memberikan kesempatan pada mahasiswa, peneliti, praktisi dan akademisi lain dalam mempresentasikan karya, hasil penelitian, dan gagasannya. Serta mempublikasikannya dalam call for papers seminar nasional ini," ujarnya.

Lebih jauh, Dr AM Diponegoro menjelaskan nantinya hasil penelitian yang dipresentasikan dalam seminar nasional ini akan direview dan rencananya akan diterbitkan dalam proseding online dan jurnal psikologi terapan magister psikologi UAD.

"Kegiatan ini juga akan ditindaklanjuti dengan mengadakan Seminar Internasional yang rencanaya akan diadakan enam bulan kedepan," jelasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved