Yogyakarta

Terkait Banyaknya Hotel yang Menunggak Pajak, PHRI DIY Minta Jangan Disama Ratakan

PHRI DIY meminta agar tidak semua hotel 'digebyah uyah' atau menyamaratakan terkait tindakan 'nakal' dengan tidak membayarkan pajak ke pemerintah.

Terkait Banyaknya Hotel yang Menunggak Pajak, PHRI DIY Minta Jangan Disama Ratakan
IST
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - PHRI DIY angkat bicara terkait pemberitaan mengenai banyaknya hotel yang menunggak pajak.

Bagian Hubungan Antar Lembaga PHRI DIY, Deddy Pranawa Eriyana meminta agar tidak semua hotel 'digebyah uyah' atau menyamaratakan terkait tindakan 'nakal' dengan tidak membayarkan pajak ke pemerintah.

"Beberapa mass media seolah-olah menulis semua hotel dibidik KPK. Ini harus diluruskan. Penyumbang terbesar PAD (Pendapatan Asli Daerah) adalah hotel dan restoran. Jadi tidak semua hotel menunggak pajak," jelasnya pada Tribunjogja.com, Kamis (8/8/2019) lalu.

Palette: Tips Merawat Wajah Saat Musim Panas

Namun, disinggung beberapa hotel yang menunggak pajak, di mana inisialnya disebutkan oleh perwakilan KPK dalam Sosialisasi Kepada Wajib Pajak Daerah di Kota Yogyakarta tentang Optimalisasi Pendapatan Pajak Daerah melalui program monitoring secara online, Deddy mempersilahkan adanya tindakan tegas.

"Kalau nggak ditindak, maka menjadi kecemburuan hotel yang lain. Penindakan juga harus ada dasar misal surat peringatan dengan batas waktu tertentu. Kalau masih 'mbeling', tindak saja," tegasnya.

Deddy mengaku belum tahu apa yang jadi penyebab hotel tidak membayarkan pajak yang merupakan kewajiban mereka untuk meneruskannya ke pemerintah.

"Kita belum tahu dan menduga karena setiap manajemen hotel berbeda," urainya.

Disinggung mengenai indikasi pajak yang disetorkan selama ini hanya berupa pajak kamar, Deddy kembali mengatakan bahwa tidak semua hotel melakukannya.

Banyak Hotel Tunggak Pajak, Kapolresta Yogyakarta Ingatkan Adanya Penegakan Hukum

Ia pun setuju dengan adanya pemasangan tapping box atau alat monitoring pajak online yang akan dipasang di setiap hotel.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved