Besok, KPU DIY Gelar Rapat Pleno Penetapan Kursi dan Nama Caleg

Ada dua hal penting yang akan ditetapkan, pertama pembagian kursi per dapil, kedua nama-nama calon terpilih.

Besok, KPU DIY Gelar Rapat Pleno Penetapan Kursi dan Nama Caleg
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawetri
Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY akan menggelar Rapat Pleno Terbuka untuk menetapkan perolehan kursi partai politik dan nama-nama calon legislatif DPRD DIY besok, Sabtu (10/8/2019) pukul 13.00 WIB, di Royal Ambarukmo, Yogyakarta.

Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan, menjelaskan dalam penetapan tersebut akan dihadiri oleh Partai Politik, Bawaslu, Forkominda, KPU Kabupaten/Kota, Rektor beberapa universitas serta mitra kerja KPU lainnya.

Menurutnya ada dua hal penting yang akan ditetapkan, pertama pembagian kursi per dapil, kedua nama-nama calon terpilih.

"Ada dua hal, pertama membagi kursi per dapil. Misalnya dapil 1 partai apa saja yang dapat dan berapa kursi. Kedua menetapkan calon terpilih sudah dengan nama-namanya, kemudian tinggal penandatanganan berita acara dan juga SK," terangnya.

Mengenai pelantikan sendiri, Hamdan menjelaskan, hal tersebut merupakan ranah dewan, yang dimungkinkan akan dilakukan pada 2 November mendatang.

Mengenai tanda terima Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), menurutnya dari jumlah 55 Caleg yang akan ditetapkan, keseluruhan sudah melakukan penyerahan.

"Kalau pelantikan kabarnya tanggal 2 November, tapi itu ranah Dewan. Tapi kami sudah undang Sekwan dalam rangka koordinasi untuk menyamakan persepsi terkait dokumen apa saja dari calon terpilih yang harus kami serahkan ke Pemerintah. LHKPN dari 55 calon semua sudah menyerahkan lewat parpol masing-masing," katanya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved