Kota Yogya

Wakil Wali Kota Yogya : Kebijakan PBI Harus Pertimbangkan Perubahan Anggaran Daerah

Sebanyak 6.488 warga Kota Yogyakarta yang merupakan PBI BPJS Kesehatan yang didanai APBN telah dinonaktifkan.

Wakil Wali Kota Yogya : Kebijakan PBI Harus Pertimbangkan Perubahan Anggaran Daerah
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi angkat suara terkait problematika Penerima Bantuan Iur (PBI) serta keuangan RS Jogja dengan BPJS Kesehatan.

Ia menegaskan agar pemerintah pusat jangan membuat kebijakan pada masa transisi anggota DPRD dan juga jangan membuat kebijakan pada saat perubahan anggaran telah ditetapkan.

Siap-siap, Sebentar Lagi PNS Bisa Kerja dari Rumah

Hal tersebut menyangkut mulai 1 Agustus, sebanyak 6.488 warga Kota Yogyakarta yang merupakan PBI BPJS Kesehatan yang didanai APBN telah dinonaktifkan.

Palette: Tips Merawat Wajah Saat Musim Panas

Dari jumlah tersebut telah terverifikasi jumlah warga kota yang valid sekitar 2.825 orang, dan 1.748 orang di antaranya yang belum punya jaminan kesehatan.

"Pemerintah pusat harus mempertimbangkan perencanaan penganggaran kita. Kita berharap itu tidak terjadi dulu. Buatlah untuk 2020. Kalau 2020 (APBD) ini kan masih proses perencanaan," bebernya pada Tribunjogja.com, Senin (5/8/2019).

Ketika keputusan tersebut berlaku Agustus 2019, Heroe mengatakan bahwa sudah tidak bisa terkejar.

Mengingat APBD Perubahan telah ditetapkan dan belum ada penambahan anggaran untuk Peserta JKN yang Didaftarkan Pemerintah Daerah (PDPD).

"Ini kita negosiasikan. Selama ini tanggungan di pusat. Pemerintah pusat tidak akan semena-mena memindahkan tanpa perubahan anggaran. Pasti itu ada pertimbangan perubahan beban anggaran yang tadinya di pemerintah pusat ke penganggaran kita," urainya.

BPJS Kesehatan Sebut Akreditasi Ganjal Pembayaran Klaim RS Jogja

Selanjutnya terkait keuangan RS Jogja, Heroe menjelaskan bahwa meski klaim belum dibayarkan namun operasional RS Jogja tidak terganggu.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved