UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Akan Buka Beberapa Prodi dan Fakultas Baru

UIN Sunan Kalijaga memiliki visi misi ke depan untuk bisa menjadi Riset Entrepreneur University.

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Akan Buka Beberapa Prodi dan Fakultas Baru
net
UIN sunan kalijaga 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berencana membuka 3 progam studi (prodi) baru di bidang Teknik serta mendirikan Fakultas Teknik.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sutrisno, menerangkan ketiga prodi tersebut yakni S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Sipil/Arsitektur dan S2 Teknik Industri.

Sampai dengan saat ini, pihaknya sedang menggodok proposal pembukaan fakultas dan prodi baru tersebut, dan direncanakan di pertengahan Agustus proposal tersebut sudah siap.

"Mulai tahun ajaran depan segera diurus, rencana pertengahan Agustus proposal pembukaan fakultas sudah siap. Tinggal kita diskusikan dengan senat dan perbaikan lalu diurus ke Kementerian," terangnya.

Sutrisno menerangkan, selain prodi dan fakultas Teknik, pihaknya juga akan mendirikan S2 dan S3 Ilmu Hukum, serta diharapkan paling lama 4 tahun ke depan Fakultas Kedokteran sudah berdiri, yang saat ini masih terkendala infrastruktur.

"Peminat kita cukup banyak dari tahun ke tahun, sedangkan daya tampung tetap. Memang kendala kita keterbatasan prodi, fakultas dan infrastruktur. Kecuali kalau sementara bisa pinjam tempat di tempat yang lain atau sewa, bisa dipercepat. menanti pembangunan kampus di Pajangan cukup lama. Jadi problem utama sarana prasarana," ungkapnya.

Sutrisno menjelaskan, tantangan dan peluang di masa depan akan jauh lebih berat, untuk itu UIN Sunan Kalijaga memiliki visi misi ke depan untuk bisa menjadi Riset Entrepreneur University.

Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yudian Wahyudi, mengatakan pendirian prodi dan fakultas baru lantaran sampai dengan saat ini animo calon mahasiswa ke UIN Sunan Kalijaga dari tahun ke tahun selalu bertambah. Di tahun ini ada sekitar 103.271 pendaftar.

Menurutnya dengan adanya PP 46 Tahun 2019, menjadi peluang bagi PTKIN untuk bisa mendirikan prodi umum yang setara dengan jumlah prodi agama.

Yudian mengatakan, di UIN Sunan Kalijaga sendiri sampai dengan saat ini dari 57 prodi yang ada, prodi umum hanya sebesar 18, selebihnya merupakan prodi agama.

"Dengan adanya PP 46 Tahun 2019, UIN bisa mengembangkan prodi agama dan yang umum 50:50. Untuk itu, cita-cita UIN untuk segera mendirikan Fakultas akan cepat terwujud. Nanti di Fakultas Teknik ada 4 prodi, yakni Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Elektro, dan Teknik Sipil/Arsitektur serta S2 Teknik Informatika dan Teknik Industri," ungkapnya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved