Sleman

Persiapan Idul Adha, DP3 Sleman Ingatkan Sanitasi Proses Penyembelihan Hewan Kurban

Menjelang pelaksanaan kurban Idul Adha, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Sleman kembali ingatkan pentingnya menjaga kebersihan

Persiapan Idul Adha, DP3 Sleman Ingatkan Sanitasi Proses Penyembelihan Hewan Kurban
TRIBUNJOGJA.COM / Alexander Ermando
Kabid Peternakan dan Keswan DP3 Sleman Harjanto 

Laporan Reporter Tribun Jogja Alexander Ermando

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Menjelang pelaksanaan kurban Idul Adha, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Sleman kembali ingatkan pentingnya menjaga kebersihan dan sanitasi proses penyembelihan.

Kabid Peternakan dan Keswan DP3 Sleman Harjanto mengatakan pihaknya masih menemukan penyembelihan hewan kurban yang belum memenuhi syarat.

"Berdasarkan pelaksanaan Idul Adha tahun lalu, kami masih menemukan tempat pemotongan yang kurang bersih dan tidak higienis," kata Harjanto saat ditemui di Kantor DP3 Sleman, Kamis (08/08/2019).

Presiden Jokowi Kurban 2 Sapi di Yogyakarta

Selain masalah sanitasi, DP3 Sleman juga menemukan proses penyembelihan yang kurang berperikehewanan pada sapi, kambing, atau domba.

Hewan tersebut direbahkan dengan cara yang kasar.

Menurut Harjanto, sebagian masyarakat masih belum memahami dan peduli dalam cara menangani hewan kurban secara baik dan tepat.

"Misalnya merokok saat menyembelih hewan kurban atau membuang jeroan sapi sembarangan," katanya.

Sejarah di Balik Penyembelihan Hewan Kurban Tiap Idul Adha, Kecintaan Nabi Ibrahim kepada Allah SWT

Meski perilaku tersebut masih terjadi, Harjanto memastikan pihaknya tetap akan melakukan pendekatan kepada warga terkait cara penyembelihan hewan kurban yang sesuai.

DP3 Sleman pun berkoordinasi dengan pihak kecamatan hingga takmir mesjid, termasuk melakukan pemantauan secara intensif.

"Seperti yang pernah kami sampaikan sebelumnya, petugas gabungan kami siap memantau hingga ke titik-titik pemotongan hewan," kata Harjanto.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Alexander Aprita
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved