Kota Yogya

Daftar Warisan Budaya di Kota Yogya Bertambah

Daftar Warisan Budaya (WB) Daerah Kota Yogyakarta tahun ini bertambah menjadi 123 WB melalui Keputusan Walikota Yogyakarta 297/2019.

Daftar Warisan Budaya di Kota Yogya Bertambah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Daftar Warisan Budaya (WB) Daerah Kota Yogyakarta tahun ini bertambah menjadi 123 WB melalui Keputusan Walikota Yogyakarta 297/2019.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Eko Suryo Maharso menjelaskan bahwa dengan adanya penambahan tersebut, maka jumlah WB maupun Cagar Budaya (CB) di Kota Yogyakarta mencapai 300 titik.

Palette: Tips Merawat Wajah Saat Musim Panas

"Tidak hanya bangunan, tapi juga monumen masuk dalam daftar terbaru ini," jelasnya pada Tribunjogja.com, Kamis (8/8/2019).

Ia mengatakan, dengan adanya penetapan warisan budaya tersebut, harapannya ada kompensasi untuk pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB)  dari pemerintah.

"Kalau bisa PBB yang keringanannya besar. Warisan budaya di Kotabaru PBB mencapai Rp 50 juta, jadi harapannya ada keringanan. Lalu bila ada yang rusak, pemerintah bisa bantu 'ndandani'  (perbaiki-red) misal bocor supaya tidak makin rusak," bebernya.

Malioboro Merupakan Monumen Hidup Warisan Budaya

Langkah selanjutnya setelah diterbitkan daftar warisan budaya, Eko mengatakam akan segera memberikan surat pemberitahuan kepada pemilik warisan budaya yang terdata melalui kecamatan dan kelurahan.

"Ini untuk pemberitahuan sehingga mereka paham bangunan mereka warisan budaya, cagar budaya atau bukan. Karena yang terjadi, pemilik bangunan butuh uang dan menjual rumahnya Rp 500 juta. Tapi ditawar harga Rp 100 juta karena dibilang rumahnya WB. Ini biar tahu, agar tidak tertipu," tegasnya.(*)

Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved