Jawa

Komite Khusus Dikukuhkan untuk Lindungi Seni Budaya di Kabupaten Magelang

Komite ini akan bertugas mewadahi seluruh seniman dan budayawan di Kabupaten Magelang dalam mengembangkan kreasi dan inovasi dalam bidang seni dan bud

Komite Khusus Dikukuhkan untuk Lindungi Seni Budaya di Kabupaten Magelang
istimewa
Para pengurus Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Kabupaten Magelang periode 2019-2024 yang baru dikukuhkan, Rabu (7/8) di sela pengukuhan komite di di Pendopo Merapi Rumah Dinas Bupati Magelang. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Kabupaten Magelang memiliki Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Kabupaten Magelang yang baru.

Komite ini akan bertugas mewadahi seluruh seniman dan budayawan di Kabupaten Magelang dalam mengembangkan kreasi dan inovasi dalam bidang seni dan budaya.

"Komite ini akan memberikan wadah bagi seniman dan budayawan dalam mengembangkan kreasi dan inovasi, serta berolah cipta rasa, karsa, dan karya," ungkap Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang, melalui Kabid Kebudayaan, Achmad Husein, Rabu (7/8/2019) di sela pengukuhan komite di di Pendopo Merapi Rumah Dinas Bupati Magelang.

Bupati Magelang Surati Takmir Masjid Gunakan Bahan Non-plastik Saat Lebaran Kurban

Pembentukan Komite Seni Budaya dan pelantikan pengurus KSBN Kabupaten Magelang ini dilakukan untuk melaksanakan amanat undang-undang No 5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan.

Sebuah komite khusus diperlukan untuk memajukan kebudayaan di daerah.

Ketua Umum KSBN Kabupaten Magelang, Adi Waryanto, mengatakan, budaya Indonesia yang beraneka ragam coraknya dan juga penuh dengan makna telah memiliki nilai-nilai kehidupan yang sangat baik untuk dikembangkan dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Komite ini pun penting dibentuk demi upaya pelestarian budaya bangsa yang kokoh. Budaya Indonesia pun dapat berdaya saing di kancah internasional.

Desa Sriharjo Jadi Rintisan Desa Budaya

"Kami menyadari bahwa kebudayaan yang berkembang di Kabupaten Magelang tidak semuanya diminati oleh generasi penerus. Dengan adanya komite ini, diharapkan menjadi wadah yang sangat baik dan tepat untuk dapat menganalisa mencari solusi dalam pertumbuhan seni dan budaya di Kabupaten Magelang," katanya.

Sekda Kabupaten Magelang ini pun berharap, dengan dilantiknya pengurus baru KSBN ini dapat memiliki warna dan semangat baru dalam upaya pengembangan seni budaya di Kabupaten Magelang.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved