Nasional

Kemensos Terapkan e-PKH untuk Tingkatkan Akurasi Data dan Kualitas PKH

Kemensos mulai menggunakan aplikasi e-PKH untuk melakukan penyaluran tahap III keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM-PKH) tahun 2019

Kemensos Terapkan e-PKH untuk Tingkatkan Akurasi Data dan Kualitas PKH
TRIBUNJOGJA.COM / Santo Ari
Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Harry Hikmat memberikan paparan tentang e-PKH 

TRIBUNJOGJA.COM - Kementerian Sosial mulai menggunakan aplikasi e-PKH untuk melakukan penyaluran tahap III keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM-PKH) tahun 2019.

Penerapan teknologi ini bertujuan untuk memudahkan business procces pelaksanaan PKH dan diharapkan dapat memberi kemudahan bagi SDM PKH dalam melaksanakan Program Keluarga Harapan.

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Harry Hikmat saat dijumpai dalam Rekon Nasional PKH di Yogyakarta, Selasa (7/8/2019) malam mengatakan Program PKH saat ini sudah mencapai target 10 juta peserta.

Dan dalam penyalurannya harus dapat dipastikan bisa maksimal dan juga sampai sasaran secara tepat sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan.

Palette: Tips Merawat Wajah Saat Musim Panas

Dikatakannya, perubahan teknologi yang begitu cepat tak bisa dihindari.

Maka dari itu, PKH juga harus mengikuti perkembangan teknologi, sehingga dapat memudahkan kerja SDM PKH dalam melakukan validasi data KPM.

"Mulai validasi data, pastikan data terupdate sampai kepada penyalurannya. Termasuk monitoring dari hasil bantuan yang diberikan, itu betul-betul harus bisa diketahui secara cepat. Tak ada cara lain selain lewat sistem online, sehingga lewat aplikasi online yang diciptakan, di tahun 2019 ini penyaluran tahap III e-PKH sudah bisa difungsikan," jelas Harry.

Lebih lanjut ia menjelaskan, penelitian dan pengembangan aplikasi e-PKH telah dimulai pada tahun 2018 silam.

Aplikasi ini tidak hanya berisi data KPM-PKH semata tetapi juga akan berisi modul-modul Family Development Session (FDS) seperti modul pengasuhan dan pendidikan anak.

"Kita harapakan sistem informasi managemen (SIM) untuk mendukung kemudahan implementasi PKH," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: nto
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved