Agenda Jogja Hari Ini

7 Gunungan Akan Dibagikan dalam Garebeg Besar Keraton Yogyakarta

Seperti halnya Hajad Dalem lain di Keraton Yogyakarta, pelaksanaan Garebeg Besar ini mengacu pada perhitungan Kalender Jawa Sultan Agungan.

7 Gunungan Akan Dibagikan dalam Garebeg Besar Keraton Yogyakarta
TRIBUNJOGJA.COM / Christi Mahatma
Ratusan Warga Berebut Gunungan Garebeg Besar di Masjid Gedhe Kauman beberapa waktu silam 

TRIBUNJOGJA.COM - Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat akan menggelar Hajad Dalem Garebeg Besar pada hari Senin Wage (12/8/2019) mendatang.  

Nantinya dalam acara ini terdapat tujuh buah gunungan yang akan dibagikan di tiga tempat berbeda.

Penghageng Tepas Tandha Yekti Keraton Ngayogyakarta, GKR Hayu dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com menyebutkan, acara yang bertujuan untuk memeringati Iduladha 1440 H ini akan dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB.

Seperti halnya Hajad Dalem lain di Keraton Yogyakarta, pelaksanaan Garebeg Besar ini mengacu pada perhitungan Kalender Jawa Sultan Agungan.

Palette: Tips Merawat Wajah Saat Musim Panas

Perlu diketahui, Garebeg memiliki arti diiringi atau diantar oleh orang banyak.

Hal ini merujuk pada Gunungan yang diiringi oleh para prajurit dan Abdi Dalem dalam perjalanannya dari keraton menuju Masjid Gedhe.

Dalam pendapat lain dikatakan bahwa Garebeg atau yang umumnya disebut “Grebeg” berasal dari kata “gumrebeg”, mengacu kepada deru angin atau keramaian yang ditimbulkan pada saat berlangsungnya upacara tersebut.

“Ada tujuh gunungan yang akan dibagikan di tiga tempat berbeda. Lima gunungan yakni Gunungan Kakung, Gunungan Estri, Gunungan Darat, dan Gunungan Pawuhan akan dibagikan di halaman Kagungan Dalem Masjid Gedhe. Gunungan Gepak akan dibagikan di Pendhopo Kawedanan Pengulon di utara Masjid Gedhe. Sementara itu, dua Gunungan Kakung masing-masing akan dibagikan di Puro Pakualaman dan Kepatihan,” ujarnya pada Tribunjogja.com, Rabu (7/8/2019).

Menurut GKR Hayu, Hajad Dalem Garebeg digelar tiga kali dalam setahun yakni Garebeg Mulud, Garebeg Sawal, dan Garebeg Besar.

Pembangunan Rusun di Kota Yogya Tunggu Kekancingan Keraton

Garebeg Mulud digelar pada tanggal 12 Rabiul Awal (Mulud) untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Halaman
123
Penulis: ais
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved