Kota Yogyakarta

Heri Karyawan Rangkap Penjabat Sekda dan Kepala Bappeda Kota Yogya

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta Heri Karyawan resmi dilantik sebagai Penjabat Sekda Kota Yogyakarta.

Heri Karyawan Rangkap Penjabat Sekda dan Kepala Bappeda Kota Yogya
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat memberikan ucapan selamat kepada Penjabat Sekda Heri Karyawan, Kamis (1/8/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta Heri Karyawan resmi dilantik sebagai Penjabat Sekda Kota Yogyakarta.

Jabatan tersebut diemban setelah Sekda Kota Yogyakarta Titik Sulastri purna tugas per 1 Agustus 2019.

Heri mengatakan bahwa ada beberapa tugas yang harus diselesaikan, terutama menyangkut APBD Perubahan yang sekarang sedang berproses dan menunggu hasil evaluasi Gubernur DIY.

Pedagang Pasar Tradisional di Kota Yogya Dapat Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

"Semoga senin bisa diterima lalu akan kita sampaikan kepada banggar," ujarnya, seusai pelantikan, di Grha Pandawa Balaikota Yogyakarta, Kamis (1/8/2019).

Ia menjelaskan, kepercayaan untuk bisa menduduki posisi Penjabat Sekda sangat besar tanggungjawabnya.

Ia diharuskan memiliki komunikasi yang kuat dengan seluruh OPD dan juga dituntut mampu memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

"Penjabat Sekda sekaligus merangkap Kepala Bappeda. Pekerjaan Bappeda tidak pernah berhenti. Saya minta doa agar saya bisa menyelesaikan tugas ini dengan baik. Walaupun Penjabat, tapi (tugasnya) seperti Sekda definitif. Tidak boleh sakpenake dewe," ungkapnya.

Pejabat Sekda Kota Yogyakarta Dilantik Besok

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menjelaskan bahwa sebenarnya status Penjabat Sekda memiliki tanggungjawab yang sama dengan Sekda definitif yang sampai saat ini berproses di Pansel.

"Jangan merasa karena penjabat, maka tugasnya seadanya. Saya minta Pak Heri punya tugas dan tanggungjawab sebagaimana Sekda Definitif yang akan dipilih oleh pansel yang saat ini sedang bekerja," bebernya.

Haryadi menyebut bahwa sesuai Peraturan Pemerintah (PP) 3/2018 tentang Penjabat Sekda yang ada dalam Pasal 5 ayat 2 bahwa Bupati atau Walikota mengangkat Penjabat Sekda untuk melaksanakan tugas Sekda setelah mendapatkan persetujuan Gubernur.

"Dimaksudkan agar tidak terjadi kevakuman dalam pemerintahan di Kota Yogyakarta," tambahnya.

Ia menegaskan bahwa Sekda sebagai penggerak organisasi daerah.

Ia pun meminta Penjabat Sekda untuk bisa melaksanakan tugasnya dengan sungguh-sungguh, memastikan program kerja yang saat ini terlaksana agar sesuai dengan yang telah ditetapkan.

"Saya minta saudara menjaga komunikasi dan mengembangkan komunikasi dengan lebih produktif pada OPD. Jangan berpikir dan bertindak sendiri yang mengakibatkan kesalahan pada diri sendiri," pesannya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved