Yogyakarta

Gubernur DIY Minta OPD Fokus pada Pengentasan Kemiskinan

Angka ketimpangan pengeluaran penduduk di wilayah setempat mengalami peningkatan pada Maret 2019 dibandingkan kondisi satu semester sebelumnya.

Gubernur DIY Minta OPD Fokus pada Pengentasan Kemiskinan
TRIBUNJOGJA.COM / Amalia Nurul
Gubernur DIY Sri Sultan HB X 

TRIBUNJOGJA.COM - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD)  dan jajaran untuk bisa fokus dalam pengentasan kemiskinan di DIY.

Meskipun, pertumbuhan ekonomi DIY pada triwulan I tahun 2019 mengalami peningkatan yang signifikan. 

"Pemerintah memerlukan program kegiatan yang mampu mengakselerasi penurunan kemiskinan dan menekan ketimpangan dengan hasil yang nyata. Penanganan kemiskinan harus memiliki irisan dengan masalah ketimpangan, terutama pemerataan pendapatan,” kata Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Pembangunan Daerah (Rakordal) Triwulan II tahun 2019 di Hotel Sahid Rich, Yogyakarta pada Kamis (25/07/2019) lalu.

Perlu diketahui,  Badan Pusat Statistik (BPS) DIY mencatat, angka ketimpangan pengeluaran penduduk di wilayah setempat mengalami peningkatan pada Maret 2019 dibandingkan kondisi satu semester sebelumnya.

Hati-hati, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kulit Wajah

Kondisi tersebut tercermin dari angka gini ratio Maret 2019 yang tercatat sebesar 0,423 atau naik 0,001 poin dibandingkan September 2019 sebesar 0,422.

Di samping itu, angka gini ratio di perkotaan dan di perdesaan tercatat juga mengalami peningkatan pada Maret 2019 jika dibandingkan dengan September 2018.

Angka Gini Ratio di perkotaan sebesar 0,424 atau naik 0,003 poin dalam satu semester terakhir.

Sementara itu, angka Gini Ratio di perdesaan sebesar 0,328 atau naik 0,002 poin dibandingkan kondisi September 2018.

Acara Rakordal ini mengangkat tema 'Penguatan Ekonomi Kerakyatan'.

Menurut Sultan,  intervensi nyata pengentasan kemiskinan selayaknya diarahkan pada peningkatan produktivitas masyarakat berpendapatan rendah, yang bisa termonitor dari pemberdayaan UKM. 

Gubernur DIY : Butuh Waktu untuk Selesaikan Gini Ratio

Halaman
123
Penulis: ais
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved