Pendidikan

Baby Melon Hikapel, Melon Berukuran Segenggam Tangan Inovasi Guru Besar UGM

Penampakan Baby Melon Hikapel ini hanya seukuran jeruk, atau bisa dengan mudah digenggam tangan, dengan memiliki daging buah berwarna orange.

Baby Melon Hikapel, Melon Berukuran Segenggam Tangan Inovasi Guru Besar UGM
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri
Model menunjukkan buah melon varietas Hikapel saat acara peluncuran di Ghra Sabha Permana, Kampus UGM, Sleman, DI Yogyakarta, Kamis (25/7/2019). Buah melon yang memiliki berat sekitar 250 gram tersebut hasil dari tim riset Gama Melon, Fakultas Biologi UGM yang mengembangkan inovasi di bidang pertanian. Melalui penelitian yang dimotori oleh Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc. 

TRIBUNJOGJA.COM - Setelah pada 2015 lalu, Budi Setiadi Daryono berhasil berinovasi dengan memperkecil ukuran buah melon yang diberi nama Melon Hikapel, di 2019 ini Budi berhasil mengecilkan lagi Melon Hikapel tersebut menjadi berukuran lebih kecil lagi dari sebelumnya.

Guru Besar UGM Bidang Genetika, yang baru saja dikukuhkan pada Kamis (25/7/2019) tersebut berhasil menjadikan melon Hikapel yang sebelumnya berukuran 300-800 gram/buah, menjadi hanya seukuran jeruk atau segenggam dan diberi nama Baby Melon Hikapel.

Budi menjelaskan, penampakan Baby Melon Hikapel ini hanya seukuran jeruk, atau bisa dengan mudah digenggam tangan, dengan memiliki daging buah berwarna orange dan terasa manis bila dikonsumsi.

Hati-hati, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kulit Wajah

"Setelah 2015 kita berhasil mengecilkan melon yang kita beri nama Hikapel, lalu kita berpikir untuk bisa mengecilkan lagi, meskipun kandungnya sama," terangnya saat ditemui Tribunjogja.com seusai melakukan launching Baby Melon Hikapel di Grha Sabha Pramana pada Kamis (25/7/2019) lalu.

Dia menerangkan, meskipun Baby Melon Hikapel lebih kecil, namun nutrisi di dalamnya tetap sama dengan melon Hikapel sebelumnya.

Kulit Baby Melon Hikapel berwana kuning dan berubah semburat orange bila sudah mulai matang.

Untuk setiap pohonnya, Baby Melon Hikapel bisa menghasilkan 4-6 buah.

Lebih lanjut, Budi menerangkan jika inovasi yang dibuat tersebut berkaitan dengan permainan genetik dan juga pengendalian terhadap nutrisi buah.

Harga 2 Melon Yubari Setara 27 Unit Motor Honda Vario 125 Advance Terbaru

Menurutnya, untuk pengembangannya sendiri cukuplah mudah dan relatif sama seperti melon pada umumnya.

Bukan hanya itu, Baby Melon Hikapel ini juga memiliki bau yang harum dan dapat dikemas untuk dijadikan buah tangan.

"Ukuran kita bikin seperti jeruk agar gampang untuk dikonsumsi dan dibawa. Kita harapkan bisa jadi icon produk Indonesia. Tidak ada yang spesial dalam perawatan. Pada umumnya sama. Hanya permainan genetik saja yang membedakan," ungkapnya.

Sebelumnya Budi menerangkan jika Melon Hikapel mengandung senyawa beta karoten yang sangat berguna untuk kesehatan mata dan anti kanker, serta mengandung vitamin C dan beberapa mineral lainnya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved