Kota Magelang

Banyak Inovasi, Kota Magelang Jadi Jujugan Belajar Kementerian

Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina, pun menyambut para peserta dengan terbuka. Pemilihan Kota Magelang menurutnya sudah tepat, karena banyak i

Banyak Inovasi, Kota Magelang Jadi Jujugan Belajar Kementerian
Istimewa
Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina beserta jajarannya menerima rombongan peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) tingkat IV Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) di ruang sidang lantai 2 kantor Pemerintah Kota Magelang, Selasa (30/7). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Kota Magelang dipilih Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) untuk studi lapangan benchmarking program Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) tingkat IV di tingkat kementerian.

Kota ini dipilih jadi rujukan karena memiliki banyak inovasi.

"Kami ingin mempelajari tentang inovasi-inovasi yang telah diciptakan, serta bagaimana perubahan dan perbaikan yang dilakukan Pemkot Magelang itu bermanfaat bagi pemerintahan dan masyarakat," jelas Kepala Pusat Diklat Kemensetneg, Samidi Fahrudin, Selasa (30/7/2019) dalam kunjungan ke Pemkot Magelang.

Pemkot Magelang Serahkan Bantuan Ke Korban Bencana Palu

Lanjut Samidi, para peserta Diklatpim akan melihat proses inovasi itu dijalankan oleh Pemkot Magelang dari segi kepemimpinan, misalnya oleh Wali Kota, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan jajarannya.

"Para peserta juga belajar membangun tim, menjaga keberlanjutan inovasi, hingga manfaat dan tanggapan masyarakat terhadap inovasi yang diciptakan," katanya.

Ada tiga inovasi yang dipelajari yakni aplikasi Siap Uji KIR online dari Dinas Perhubungan (Dishub), Data Kota Magelang Open (DataGO) dari Dinas Komunikasi Informatik dan Statistika (Diskominsta) dan Pengambangan Iptek dan Harmonisasi Inovasi dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang.

"Lokasi Benchmarking memang dipilih daerah yang memiliki prestasi, minimal Top 99 Inovasi Pelayanan Publik. Inovasi dan prestasi Kota Magelang ini diharapkan jadi inspirasi dan motivasi pada peserta untuk melakukan hal sama di Kemensetneg," harapnya.

DPRD Kota Magelang Pertimbangkan Penambahan Rusunawa

Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina, pun menyambut para peserta dengan terbuka. Pemilihan Kota Magelang menurutnya sudah tepat, karena banyak inovasi yang telah diciptakan.

Inovasi-inovasi tersebut juga telah membawa prestasi bagi Kota Magelang, mulai dari Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2018 (Siap Uji KIR), Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2019 (DataGO) hingga Peringkat I Nasional Anugrah Budhipraja (Pengambangan Iptek dan Harmonisasi Inovasi).

"Kami memiliki komitmen yang kuat dalam melaksanakan pembangunan dan penataan di berbagai bidang. Selain untuk benchmarking, momen ini dapat memperkuat relasi, sekaligus membangun motivasi sebagai abdi negara dan abdi masyarakat," katanya.

Rombongan sendiri berjumlah 30 orang itu diterima langsung oleh Wakil Walikota Magelang Windarti Agustina beserta jajarannya di ruang sidang lantai dua kantor Pemerintah Kota Magelang.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved