Pendidikan

1.728 Calon Mahasiswa Baru Lolos Jalur Mandiri UIN Sunan Kalijaga

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kembali meloloskan 1.728 calon mahasiswa baru jalur ujian masuk tes tertulis mandiri tahun 2019.

1.728 Calon Mahasiswa Baru Lolos Jalur Mandiri UIN Sunan Kalijaga
net
UIN sunan kalijaga 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kembali meloloskan 1.728 calon mahasiswa baru jalur ujian masuk tes tertulis mandiri tahun 2019.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Sutrisno, mengatakan sebelumnya para peserta telah mengikuti tes tertulis berbasis kertas (Paper Based Test) yang diselenggarakan pada Selasa 23 Juli 219 lalu. Setidaknya terdapat 8.195 peserta yang mengikuti tes tersebut.

Mahasiswi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Ini Modifikasi Batuan Zeolit untuk Menyerap Limbah Pabrik

"Mereka siswa lulusan dari satuan pendidikan SMA/SMK/MA/Pesantren Mu’adalah atau peserta didik Paket C yang setara tahun 2019 dan bagi lulusan tahun 2018, 2017 dan 2016," terangnya.

Sutrisno mengatakan, tahun ini pendaftar jalur mandiri naik sebanyak 1.847 peserta, dimana tahun sebelumnya jumlah peserta jalur mandiri sebanyak 6.348.

"Sehingga tahun ini ada 103.271 pendaftar dan meningkat dari tahun sebelumnya 88.055 pendaftar dari semua jalur masuk," ungkapnya.

Mahasiswa Saintek UIN Sunan Kalijaga Sabet Medali Emas di PIONIR IX Tingkat Nasional

Meningkatnya jumlah peserta tersebut dikarenakan calon mahasiswa sudah bisa membedakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) mana yang sudah menyiapkan masa depan mereka lebih cerah di era revolusi industry 4.0 dan distrupsi ini.

“Apalagi sekarang ini UIN Sunan Kalijaga sudah terakreditasi A secara institusi dengan nilai 372, dan lebih dari sebagian prodi terakreditasi A oleh BAN-PT, dan juga ada beberapa prodi terakreditasi tingkat internasional melalui AUN-QA. Itu beberapa pertimbangan kenapa masa depan mahasiswa harus disiapkan sejak awal mereka masuk perguruan tinggi," ungkapnya.

Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Aulia Faqih, mengatakan jumlah peserta yang lolos melalui jalur mandiri ini melebihi kuota yang ditentukan sebelumnya yaitu 844 peserta.

Aplikasi Sedekah dengan Sistem E-Wallet ala Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

"Karena dari proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan jalur sebelumnya ada peserta yang tidak registrasi ulang," ungkapnya.

Sebelumnya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta telah menerima 268 calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, 666 melalui jalur SBMPTN, 472 melalui jalur SPANPTKIN, 1317 jalur UMPTKIN,dan jalur Mandiri CBT ada 207 dan Non Test 61 calon mahasiswa. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved