Breaking News:

Pendidikan

Siswa SMAN 8 Yogyakarta Kembangkan Turbin Angin Savonius Efisien berdasarkan Pola Spiral Emas

Turbin angin berporos vertikal Savonius yakni turbin angin yang memiliki kelemahan utama berupa rendahnya efisiensi aerodinamis.

Istimewa
Alfian Muhammad Fadhillah Hidayat dan Daniel Evans Priyanca yang melakukan penelitian terhadap Pengembangan Turbin Angin Savonius Efisien berdasarkan Pola Spiral Emas. 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Efisiensi merupakan aspek penting ketika merancang pembangkit listrik yang menggunakan angin sebagai sumber energinya.

Untuk itu, sangat penting mendesain turbin angin sebuah PLTA dengan efisiensi setinggi mungkin untuk memaksimalkan output energi dari turbin tersebut.

Salah satu jenis turbin angin yang dikenal adalah turbin angin berporos vertikal bernama Savonius.

Aplikasi MECBM Untuk Energi Batu Bara Masa Depan

Turbin angin berporos vertikal Savonius yakni turbin angin yang memiliki kelemahan utama berupa rendahnya efisiensi aerodinamis.

Hal ini disebabkan karena adanya minimal salah satu bilah turbin yang bergerak melawan arah gerak angin sehingga menciptakan hambatan.

Oleh sebab itu, solusi yang dapat memecahkan masalah ini dengan menciptakan bilah turbin Savonius berbentuk spiral yang aerodinamis dan mampu menangkap energi sebanyak mungkin dari angin.

Untuk itu, dua siswa SMAN 8 Yogyakarta mencoba menerapkan bentuk spiral kepada bilah turbin Savonius yang mampu bekerja secara lebih efisien.

Energi Terbarukan Jadi Syarat Mendirikan Hotel Bintang 4 dan 5

Adalah Alfian Muhammad Fadhillah Hidayat dan Daniel Evans Priyanca yang melakukan penelitian terhadap Pengembangan Turbin Angin Savonius Efisien berdasarkan Pola Spiral Emas.

Alfian mengatakan, bentuk spiral merupakan bentuk yang paling baik untuk dipakai oleh turbin untuk menangkap energi

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved