Kota Yogyakarta

Kapolsek Umbulharjo Himbau Pemilik Kos Tingkatkan Fasilitas Keamanan

Perkembangan hunian yang difungsikan sebagai tempat singgah atau lebih akrab kita dengan sebagai tempat kos, saat ini memang sangat pesat.

Kapolsek Umbulharjo Himbau Pemilik Kos Tingkatkan Fasilitas Keamanan
TRIBUNJOGJA.COM / Andreas Desca Budi Gunawan
Kapolsek Umbulharjo, Kompol Alaal Prasetyo saat ditemui di Mapolsek Umbulharjo, Yogyakarta, Senin (29/7/2019) 

Laporan reporter Tribunjogja.com, Andreas Desca Budi Gunawan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Perkembangan hunian yang difungsikan sebagai tempat singgah atau lebih akrab kita dengan sebagai tempat kos, saat ini memang sangat pesat.

Salah satu diantaranya terjadi di daerah Polsek Umbulharjo, Yogyakarta.

Ditemui di Mapolsek Umbulharjo, Yogyakarta Senin (29/7/2019) Kompol Alaal Prasetyo memberikan sedikit keterangan terkait dengan hal ini.

Polsek Umbulharjo Ringkus Penjual Miras Jenis Sarivodka

Menurutnya, perkembangan area kos yang semakin marak juga dapat memicu kejadian-kejadian kriminal.

Pasalnya, saat ini masih banyak rumah kos atau rumah singgah yang keamanannya belum memadahi.

"Banyak kos yang belum memperhatikan keamanan penghuni, belum punya tanggung jawab untuk pengamanannya," cetusnya.

Polisi Amankan Pelaku Pembacokan di Umbulharjo, Tersangka Tersinggung Karena Korban Bleyer Motor

Keamanan sebuah tempat kos menurutnya memang dapat membantu meminimalisir terjadinya sebuah tindak kejahatan, misalnya dengan melakukan pemasangan cctv ataupun kunci ganda.

Menurut keterangan yang Kompol Alaal Berikan, saat ini masih banyak pemilik tempat kos belum mengetahui bahwa menjalankan usaha tersebut juga harus memiliki izin.

"Menurut peraturan pemerintah nomor 1 tahun 2017 harus ada ijin, jadi kemarin kita juga sempat melakukan sosialisasi kepada pemilik tempat kos bersama Danramil dan Camat, agar mereka juga memiliki tanggung jawab. Bukan hanya menikmati untungnya saja," tegasnya.

"Pada sosialisasi itu kami juga mengimbau para pemilik kos agar memasang cctv untuk mengurangi terjadinya kasus kriminal ataupun membantu pengusutan kasus seperti pencurian, narkoba dan kumpul kebo," imbuhnya.

Kompol Alaal Prasetyo yang sudah satu tahun menjabat sebagai Kapolsek Umbulharjo ini membenarkan bahwa saat ini tempat kos memang dapat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat, namun hal itu juga membuka peluang bagi pelaku kriminal untuk melancarkan aksinya.

"Sekarang banyak tempat kos yang sewa per bulannya murah. Misalnya ada tempat yang menawarkan sewa Rp300 ribu per bulan, bisa saja salah satu penghuninya adalah pelaku kejahatan. Dia bisa mempelajari bagaimana siklus penghuni kos, kapan mereka pergi dan kapan mereka pulang. Jika tidak ada keamanan, itu bisa dijadikan celah untuk melakukan kejahatan seperti pencurian atau peredaran narkoba," pungkasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Andreas Desca
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved