Mahasiswa UNY Ciptakan Aplikasi Manage, Solusi Atur Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa

Mahasiswa UNY Ciptakan Aplikasi Manage, Solusi Atur Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa

Mahasiswa UNY Ciptakan Aplikasi Manage, Solusi Atur Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa
Istimewa
Tiga mahasiswa UNY yang ciptakan aplikasi manage 

YOGYAKARTA, TRIBUN - Mahasiswa seringkali mengalami kesulitan dalam membagi waktu antara kuliah, organisasi serta kegiatan lainnya.

Seringkali tugas-tugas serta manajemen waktu mahasiswa hanya dengan cara konvensional, yakni dengan diingat di kepala, sehingga mudah untuk dilupakan.

Melihat fenomena yang seperti itu, sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggagas E-Management berbasis android yang diberi nama Manage sebagai langkah efektif dan efisien dalam meningkatkan produktifitas di kalangan mahasiswa.

Sekelompok mahasiswa tersebut yakni Indah Budiati dan Zulfa Mahendra Prodi Pendidikan Fisika serta Yosan Guntara Prodi Pendidikan Teknik informatika.

Indah mengatakan, membagi tugas dengan hanya diingat di kepala maupun ditulis di kertas seringkali kurang efektif karena kurang fleksibel. Di sisi lain, saat ini teknologi sudah sangat canggih.

Oleh karenanya untuk meningkatkan produktivitas mahasiswa dibuatlah aplikasi Manage.

Warna-warni Layang-layang, Terbang Hiasi Langit Parangkusumo Bantul

"Banyaknya beban tanggung jawab tidak disertai pengetahuan teknik manajemen menyebabkan turunnya kinerja dan tidak tuntasnya project. Latar belakang kami membuat aplikasi ini karena permasalahan manajemen waktu merupakan hal umum bagi banyak orang," ungkapnya.

Mengenai fitur-fitur yang tersedia di dalam aplikasi Manage telah disesuaikan dengan kebutuhan manajemen waktu mahasiswa untuk mengatasi beragam masalah yang dialami oleh mahasiswa terutama kasus kurangnya produktifitas.

Menurutnya, manajemen yang dilakukan melalui Manage berfungsi sebagai langkah efektif dan efisien dalam meningkatkan produktifitas di kalangan mahasiswa.

"Langkah yang dilakukan tidak hanya untuk mengatasi permasalahan manajemen waktu pribadi, akan tetapi juga untuk manajemen waktu organisasi. Fitur-fitur yang disediakan dalam aplikasi Manage mewadahi upaya peningkatan produktifitas mahasiswa," terangnya. (Tribunjogja I Siti Umaiyah)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved