Nasional

Kemenperin Sebut Desainer Produk Dalam Negeri Tak Kalah Saing di Dunia Industri Internasional

Banyaknya desain milik orang Indonesa yang dilabeli merek luar negeri membuktikan bahwa desainer lokal memiliki kapasitas dan kapabilitas.

Kemenperin Sebut Desainer Produk Dalam Negeri Tak Kalah Saing di Dunia Industri Internasional
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih saat ditemui media di Yogyakarta, Jumat (27/7/2019) malam. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kementerian Perindustrian melalui Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Gati Wibawaningsih menyebut kualitas desainer produk industri dalam negeri tak kalah saing dengan desainer produk luar negeri.

Hal ini ia ungkapkan di sela pembukaan sosialisasi penghargaan desain, Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2019 di Yogyakarta, Jumat (26/7/2019) malam.

"Banyak desain-desain yang dibuat oleh orang Indonesia tapi sayangnya dilabeli merek luar negeri," tegas Gati.

Menurut Gati, hal ini membuktikan bahwa desainer lokal memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk membuat desain produk yang menarik dan laku di dunia industri internasional.

Lemari Lila Padukan Kain Batik dan Desain Kasual

Oleh karenanya, pihaknya berharap desainer lokal mampu mengembangkan potensi untuk membawa nama harum bangsa, oleh karenanya, Kementerian Perindustrian menyelenggarakan ajang Penghargaan dalam bidang desain industri atau desain produk Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2019.

Penghargaan ini dikhususkan untuk desainer yang menerapkan standar produk serta melakukan inovasi dan kreasi serta membangun produk yang berkualitas yang tercermin melalui kualitas desain yang prima.

"Kami mau mengangkat kemampuan dan potensi yang ada dan diproduksi orang Indonesia," tandasnya.

Dalam IGDS 2019 ada empat jenis penghargaan yaitu IGDS Best 20 yang diberikan kepada 20 produk terbaik, penghargaan People’s Choice diberikan kepada satu produk yang dipilih secara online, lalu ada Penghargaan Best Three (3) yang diberikan kepada tiga produk terbaik, Serta Penghargaan Grand Award sebagai penghargaan tertinggi yang diberikan kepada satu produk terbaik.

Kemenperin Apresiasi Desainer Lewat Indonesia Good Design Selection 2019

Dalam empat jenis penghargaan tersebut akan dipilih dari enam kategori yaitu, produk furnitur dan home decor, produk industri kriya, produk perhiasan dan aksesoris fesyen, kemasan inovatif, alas kaki dan apparel, serta perlengkapan kantor.

Nantinya dari hasil pemenang penghargaan ini, pihaknya akan memberikan hadiah berupa uang tunai serta trip internasional.

Tujuannya untuk memberikan wawasan kepada desainer produk terhadap potensi bisnis di dunia internasional.

"Kami harap dengan adanya hadiah berupa uang dan trip keluar negeri agar mereka terbuka pikirannya dan bisa ikut memamerkan desainnya dan kita tandingkan juga mereka disana (luar negeri). Kami juga berusaha akan bukakan link ke sana lewat kerjasama," beber Gati.

Berkat Lurik, Desainer Asal Yogyakarta Ini Berhasil Ikut London Fashion Week

Lebih lanjut Gati menyampaikan, persaingan yang dihadapi dunia industri Indonesia dirasakan semakin lama semakin berat, sehingga diharapkan para pelaku industri mampu melakukan pengembangan produk yang dapat diterima dan diapresiasi oleh konsumen.

Solusi dan manfaat produk yang sesuai bagi konsumen, kata Gati, akan memberikan dampak ekonomi yang lebih baik.

"Penyelenggaraan Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2019 ini diharapkan tidak hanya menjadi sebuah kegiatan, namun akan menjadi gerakan yang dapat meningkatkan citra positif bangsa melalui produk-produk Indonesia yang inovatif dengan kualitas desain yang baik," pungkasnya. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved